Ayo Dukung Asian Games 2018

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 11 Agu 2018, 03:20 WIB Teknologi
Ayo Dukung Asian Games 2018

DOK. GOOGLE PLAYSTORE

PERHELATAN akbar olahraga se-Asia kurang dari seminggu lagi. Beragam persiapan dilakukan pemerintah di Jakarta dan Palembang. Tidak semata venue, tapi juga mempercantik beragam fasilitas umum kota.

Kemeriahan Asian Games tidak hanya terasa di dunia nyata, tapi juga dunia maya. Sejumlah aplikasi bertemakan Asian Games dapat diunduh di Play Store.

Ada Duta Suporter Indonesia, aplikasi yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini untuk ponsel pintar berbasis android. Aplikasi ini, mengajak masyarakat Indonesia yang tidak bisa berpartisipasi dalam ajang olahraga empat tahunan itu.

Aplikasi yang dikembangkan Suvarna.id ini, mengajak masyarakat di 34 provinsi menjadi suporter. Pengguna dapat mendaftarkan dirinya sebagai calon duta suporter, nantinya setiap provinsi akan dipilih 2 perwakilan (laki-laki dan perempuan). Calon duta suporter yang paling banyak dipilih akan didatangkan ke Jakarta untuk menghadiri upacara pembukaan pada Sabtu (18/8).

Enda Nasution, selaku penguna aplikasi, mengaku, setelah mendaftar menjadi calon duta, ia akan mendapatkan tugas dalam satu minggu sekali dan ada kuis harian. Hasil tugas tersebut nantinya akan di-vote dengan cara memviralkannya melalui media sosial.

"Programnya pemilihan dutanya sendiri dimulai sejak 7 Juli dan selesai kemarin 7 Agustus sudah dapat dilihat score masing-masing calon duta yang paling tinggi di aplikasi itu," jelas Enda, saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (8/8).

Selama satu bulan menjadi calon duta, Enda sudah mengumpulkan 200ribu suara dari 34 provinsi. Ia tidak sendiri, ia harus berjuang melawan hampir 5.000 orang yang mendaftar.

Tugas-tugas yang diberikan kepada para calon duta tersebut cukup mudah dan beragam, seperti menuliskan alasannya kenapa ingin menjadi duta, tugas berfoto dengan atribut Asian Games, dan tugas membuat video yang berkaitan dengan kebugaran jasmani.

Enda juga akan memberikan bimbingan bagaimana menjadi suporter yang baik. Diharapkan para duta tersebut dapat menyebarkan nilai-nilai menjadi suporter yang baik di daerahnya masing-masing. Sehingga ada keberlanjutan program meskipun Asian Games 2018 selesai.

"Jadi ke depannya kami juga ingin mendorong suporter Indonesia menjadi lebih baik dan lebih bijak," imbuhnya.

Saat dicoba Media Indonesia, tampilan aplikasinya sendiri cukup baik dan ringan. Setelah mengunduh harus mendaftarkan diri, Anda bisa melihat hasil voting kandidat dari masing-masing provinsi. Pasalnya, masa voting sudah selesai. Hasil pilihan yang ditampilkan ialah posisi 10 besar. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga menyediakan beragam informasi terkait dengan duta suporter.

Inasgoc
Coba juga 18th Asian Games 2018 Official App, aplikasi resmi yang dirilis INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee). Aplikasi tersebut memberikan informasi terbaru seputar Asian Games 2018, mulai berita-berita terkait, pembelian tiket, jadwal pertandingan, informasi hasil pertandingan, daftar perolehan medali, foto, dan video pilihan, hingga profil para atlet dari 45 negara peserta.

Tampilan dari aplikasinya sendiri saat dicoba, cukup baik dan jelas. Setelah mengunduh pun, Anda akan langsung disuguhkan informasi-informasi terkini terkait Asian Games. Namun saat memilih menu Sport, meskipun sudah tampil seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan, tapi informasi mengenai jadwal pertandingan maupun profil atlet yang bersangkutan belum tersedia.

Gim
Tidak hanya aplikasi, di Play Store pun juga ada gim-gim yang bertemakan Asian Games 2018. Salah satunya yang dikembangkan Anantarupa Studios.

Gim yang bernama Asian Games 2018 tersebut, memiliki ukuran file yang cukup besar, yaitu 74 MB, serta membutuhkan koneksi internet untuk dimainkan. Saat dicoba tampilan grafisnya sendiri cukup baik, pengguna akan diajak untuk mengumpulkan para atlet dan mengombinasikannya dengan berbagai avatar dan pernak-pernik yang ada.

Pengguna dapat membuat timnya sendiri dan bebas memilih kebangsaan apa yang ingin dipakai. Pengguna akan diberikan berbagai misi, setiap misi merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Selamat mencoba!

(M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More