Satelit Temukan 3 Titik Panas di Bangka Belitung

Penulis: Rendy Ferdiansyah Pada: Jumat, 10 Agu 2018, 19:40 WIB Nusantara
Satelit Temukan 3 Titik Panas di Bangka Belitung

Ilustrasi/Dwi Apriani

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I  Pangkalpinang menyebutkan berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua  terdeteksi ada tiga titik panas di wilayah Provinsi Bangka Belitung  (Babel), Jum'at (10/8).

Staf Analisa dan prakiraan BMKG Pangkalpinang Omar Mukhtar mengatakan, tiga titik panas tersebut berada di Membalong Kabupaten Belitung, Manggar Belitung Timur dan Lepar Pongok Bangka Selatan.

" Dua di Belitung dan satu di Bangka Selatan, tingkat akurasinya mencapai 78%," ungkap Omar.

Titik panas yang terdeteksi itu diduga akibat adanya hutan atau pun lahan yang terbakar di daerah tersebut. BMKG, lanjut Omar, mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di  daerah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan untuk tetap waspada.

Selain itu masyarakat juga diimbau tidak membuang puntung rokok dan membuka lahan perkebunan dengan membakar. "Kita memasuki musim kemarau, suhu cukup panas, angin pun begitu kencang sehingga sehingga lahan dan hutan mudah terbakar, warga tetap waspada," ungkap Omar.

Ia menambahkan untuk ketinggian gelombang maksimal di perairan Selat Karimata mencapai 3 meter dengan kecepatan angin 47 km/jam. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More