Jokowi Minta Prioritaskan Evakuasi Korban Belum Ditemukan

Penulis: Dero Iqbal Mahendra Pada: Jumat, 10 Agu 2018, 15:42 WIB Nusantara
Jokowi Minta Prioritaskan Evakuasi Korban Belum Ditemukan

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

PRESIDEN Joko Widodo saat memimpin rapat kabinet terbatas di istana negara terkait penanganan bencana gempa bumi Lombok meminta proses evakuasi korban yang belum ditemukan menjadi prioritas.

"Saya minta evakuasi yang belum ditemukan harus menjadi prioritas. Saya mendapatkan laporan dari lapangan pencarian korban terus dilakukan secara intensif dan sudah banyak mulai menggunakan alat-alat berat dan untuk penanganan pengungsi dan korban gempa," tutur Jokowi saat membuka Ratas di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/8).

Dirinya mengungkapkan selalu memantau situas perkembangan di Lombok dan penanganan bencana di Provinsi Nusa Tenggara Barat dari menit ke menitnya. Termasuk mendapatkan laporan up date terkait jumlah korban baik meninggal maupun luka-luka dan jumlah kerusakan mulai dari sekolah hingga fasilitas umum.

Lebih lanjut dirinya juga meminta kepada para menteri untuk dipastikannya ketersediaan logistik baik itu tenda, selimut, makanan, khususnya untuk makanan bayi, serta obat obatan dan juga pasokan air maupun listrik.

Jokowi menjelaskan sejak gempa pertama pemerintah sudah memerintahkan Kepala BNPB pada Basarnas dan Panglima TNI serta Polri untuk segera bergerak dan fokus kepada upaya upaya evakuasi. Termasuk di dalamnya terkait evakuasi para wisatawan yang ada di pulau-pulau sekitar Lombok dan jugamemberikan perawatan kepada para korban dan penanganan pengungsi.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan setelah situasi tanggap darurat usai pemerintah akan masuk ke tahap rehabilitasi dan juga rekonstruksi guna memperbaiki kondisi fisik bangunan baik itu rumah maupun fasilitas umum.

Dengan masih terjadinya gempa susulan, Presiden meminta kepada BNPB beserta seluruh kementerian lembaga dan pemerintah daerah khususnya pemerintah provinsi Kabupaten untuk mengedukasi masyarakat.

"Saya harap ada edukasi mitigasi bencana kepada masyarakat terutama di daerah daerah yang rawan bencana agar masyarakat memiliki kesiapsiagaan menghadapi bencana alam," terang Jokowi.

Hari ini Jokowi melaksanakan Rapat Kabinet Terbatas untuk membahas terkait penangan terkait bencana gempa di wilayah Lombok dan sekitarnya. Dalam rapat tersebut terpantau sejumlah menteri kabinet kerja hadir.

Diantaranya Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia  Luhut Binsar Panjaitan.

Juga terlihat Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi beserta sejumlah menteri lainnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More