IVENDO Wadah Baru untuk Penggiat Industri event Tanah Air

Penulis: Micom Pada: Rabu, 08 Agu 2018, 19:35 WIB Humaniora
IVENDO Wadah Baru untuk Penggiat Industri event Tanah Air

Ist

INDUSTRI pariwisata masih menjadi sektor andalan pemerintah Indonesia di masa depan untuk mendatangkan kemakmuran dalam arti yang seluas-luasnya. Selain Pariwisata, ditetapkan ada dua sektor lagi yang bisa menjadi “leading-sector” yakni pertanian dan perikanan.

Potensi yang strategis ini harus didukung tidak hanya dari aspek SDM yang memadai saja, namun perlu juga dilakukan melalui bentuk-bentuk penyelenggaraan acara (event) yang dikelola secara professional dan berskala international.

Sejak dua dekade yang lalu, usaha jasa penyelenggara acara tumbuh kian pesat dan tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Demi pengembangan dan pembangunan industri ini di kemudian hari, diperlukan wadah yang dapat mempersatukan para penggiat usaha jasa penyelenggara acara.

Untuk mewujudkannya, 15 komunitas dan asosiasi industri Event& MICE di Indonesia sepakat untuk membangun wadah bersama yang bernama Indonesia Event Industri Council (IVENDO)

Musyawarah Nasional pertama IVENDO telah diselenggarakan pada 9 Mei 2018 lalu di Jakarta dan telah disahkan oleh Kemenkumham pada tanggal 28 Juni 2018.

Dewan Pengurus Pusat IVENDO juga secara resmi mendeklarasikan hadirnya wadah para penggiat industri event dan siap bekerja untuk turut serta membangun industri pariwisata Indonesia. Dalam deklarasi ini ditetapkan pengurus pusat IVENDO beserta jajarannya, yakni Ketua Umum Mulkan Kamiludin, wakil Ketua umum Irvan Mahidin, dan Sekertaris Jendral Harry D. Nugraha

Selain itu, dalam musyawarah Nasional juga disebutkan beberapa Program Kerja yang segera digulirkan, yaitu:

1. Melakukan sosialisasi ke para pemangku kepentingan industri pariwisata di tanah air, termasuk didalamnya mengajak para pengusaha & pekerja event untuk bergabung dalam IVENDO.

2. Mendorong lahirnya regulasi baru yang mendorong industri event untuk dapat diterima dalam arti seluas-luasnya di masyarakat dan disejajarkan dengan industri kreatif lainnya.

3. Membangun pemerataan kapasitas dan kapabilitas penggiat industri event di seluruh Indonesia melalui standarisasi kompetensi dan program pelatihan yang merata dan berkesinambungan

IVENDO merupakan organisasi yang bersifat nirlaba. Dikelola secara mandiri, independen dan profesional tanpa meninggalkan unsur-unsur sosial dan kemasyarakatan. Sebagai fondasi, IVENDO bergerak dengan azas kekeluargaan,  persatuan dan kesatuan. Mengutamakan rasa setiakawan dan persaudaraan yang berlandaskan Pancasila sebagai satu-satunya azas yang berlaku di tanah air.  (RO/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More