AMMDes Tingkatkan Produktivitas Masyarakat Desa

Penulis: (Gnr/S-2) Pada: Kamis, 09 Agu 2018, 03:15 WIB Otomotif
AMMDes Tingkatkan Produktivitas Masyarakat Desa

MI/Januari Hutabarat

SETELAH gagal memasarkan dua prototipe dari angkutan perdesaan, Kementerian Perindustrian kini tampil percaya diri dengan alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang merupakan purwarupa ketiga dari angkutan pedesaan yang digarap Kemenperin.
Kendaraan produksi PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia tersebut diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (2/8). Melalui AMMDes, kata Presiden,

masyarakat pedesaan bisa meningkatkan produktivitas dari lima jenis kendaraan yang ada. Di antaranya berfungsi sebagai pemutih beras, pemecah gabah, pompa, genset, dan kendaraan pengangkut. Masyarakat desa pun bisa menggunakannya sebagai alat transportasi ke kota untuk distribusi hasil pertanian.

Kapasitas produksi AMMDes nantinya akan mencapai 3.000 unit per tahun dan dapat ditingkatkan mencapai 15 ribu unit. Perizinan AMMDes yang kini sedang berproses di Kementerian Perhubungan diestimasi selesai pada November.  Dari sisi dapur pacu, AMMDes dilengkapi dengan mesin berkapasitas 640 cc yang mampu menghasilkan tenaga 15 hp. Kecepatan maksimal AMMDes ialah 40 km/jam sehingga aman bagi lingkungan perdesaan. (Gnr/S-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More