Innova dan Fortuner Diesel Aman Gunakan B20

Penulis: (Ria/S-4) Pada: Kamis, 09 Agu 2018, 02:45 WIB Otomotif
Innova dan Fortuner Diesel Aman Gunakan B20

FOTO ANTARA/Andika Wahyu

HASIL uji coba penggunaan Biodiesel 20 (B20) pada Toyota Kijang Innova diesel dan Toyota Fortuner diesel membuktikan bahwa bahan bakar ini aman dan tidak berdampak pada penurunan kinerja mesin. Uji coba tersebut dilakukan pabrikan Toyota Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), bersama Pertamina melalui serangkaian test drive sepanjang 100 ribu km.

"Hasil uji coba yang kami lakukan sejak 2015 tidak menemukan masalah pada penggunaan bahan bakar B20," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam ketika diminta tanggapan soal rencana pemerintah akan memperluas penggunaan B20 untuk layanan nonpublik di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Tangerang, Banten, Rabu (8/8).

Hasil uji coba tersebut dapat menjadi acuan untuk mengetahui dampak penggunaan B20 terhadap kinerja mesin dan kenyamanan penumpang. Karena itu, Azam menjamin pelanggan atau konsumen Toyota tidak akan mengalami hambatan dengan rencana kebijakan pemerintah memperluas penggunaan B20 mulai September 2018. "Seluruh mobil dengan engine diesel yang diproduksi di TMMIN Plant, kinerjanya tetap andal dan aman saat mengonsumsi  B20 sebagai bahan bakarnya," ujarnya.

Bahkan, untuk perawatan mesin juga tidak ada masalah. "Kinerja mesin tidak terganggu. Begitu juga dengan perawatan, tidak ada yang perlu ditambah," ucap Bob Azam. TMMIN saat ini memproduksi kendaraan medium multi-purpose vehicle (MPV) Toyota Innova dan medium sport utility vehicle (SUV) Toyota Fortuner yang tidak hanya untuk varian bensin tapi juga diesel, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Terdapat empat varian Toyota Innova diesel yang dipasarkan di Indonesia dengan mengusung mesin 2.400 cc, yaitu tipe G Manual, G A/T, V Manual, dan V A/T. Selain itu, dengan platform mesin yang sama ada Fortuner 4x2, 4x4 tipe VRZ, dan G.

Kebijakan pemerintah memperluas penggunaan B20 sebagai bahan bakar bagi kendaraan penumpang maupun komersial yang non-PSO (public service obligation). Langkah tersebut akan menghemat devisa karena kebutuhan impor BBM menjadi berkurang.
Implementasi perluasan penggunaan B20 secara penuh diyakini juga memgurangi tekanan terhadap neraca perdagangan Indonesia. Dalam mendukung implementasi kebijakan tersebut, pemerintah menjanjikan insentif bagi produsen yang mau menjual biodiesel ke sektor non-PSO. Perluasan insentif dan penggunaan B20 akan tertuang dalam peraturan presiden (perpres). (Ria/S-4)    

 

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More