Bus Dua Tingkat Laksana Siap Beri Kenyamanan bagi Penumpang

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Selasa, 07 Agu 2018, 21:45 WIB Otomotif
 Bus Dua Tingkat Laksana Siap Beri Kenyamanan bagi Penumpang

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

GELIAT proyek infrastruktur yang digenjot pemerintah, membuat kebutuhan mobilitas masyarakat dari satu kota ke kota lainnya makin beragam. Jalur darat pun kini menjadi salah satu pilihan berkat makin tersambungnya jalan melalui proyek pembangunan jalan tol di sejumlah Provinsi.

Menyadari kebutuhan mobilitas yang makin tinggi tersebut, perusahaan karoseri bus, Laksana Bus, terus menghadirkan inovasi dalam pembuatan bus. Terbaru, perusahaan yang menggunakan Sasis dari United Tractors tersebut memperkenalkan Legacy SR2 Double Decker.

Bus yang dikembangkan dalam tempo 1 tahun itu merupakan bus 2 tingkat pertama yang dimiliki oleh Laksana Bus. Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, menjadi pengenalan perdana bus berbobot 12 ton tersebut kepada publik.

Direktur Keuangan Laksana Bus, Alvin Arman, mengatakan, Legacy SR2 Double Decker bisa memuat hingga 66 tempat duduk dengan komposisi 12 kursi di lantai bawah dan 54 kursi di lantai atas. Bus tersebut memang dirancang Laksana Bus sebagai transportasi antarkota antarprovinsi.

"Selama GIIAS 2018 sudah banyak pihak yang menyatakan ketertarikannya, tapi kami memang tidak menargetkan angka penjualan tertentu untuk bus Legacy baru ini. Tujuan awal kami memang hanya ingin memperkenalkan produk terbaru kami ke masyarakat," kata Alvin kepada Media Indonesia di Tangerang, Selasa (7/8).

Alvin menjelaskan, SR2 Double Decker juga menawarkan kenyamanan bagi penumpangnya dengan dukungan sistem audio dan video yang mumpuni serta kursi Versa 3 yang nyaman. Material yang digunakan dalam perakitan bus 2 tingkat tersebut juga dipikirkan dengan matang demi menjaga stabilitas bus di segala kondisi jalanan.

Selain SR2 Doiuble Decker, Laksana juga memboyong Legacy SR2 HD Prime dan XHD Prime yang sudah digubah menggunakan metode optimize structure dan improve design structure untuk uji guling (rollover test) untuk meningkatkan faktor keselamatan penumpang.

"Dari sekitar 700 unit bus yang sudah terjual hingga semester-1 tahun ini, tipe SR2 HD Prime menjadi yang terlaris karena sekitar 70% sudah disumbangkan tipe tersebut. Untuk struktur baru ini, sudah kami aplikasikan sejak Mei dan menjadi satu-satunya struktur yang menggunakan struktur uji guling di Indonesia," tandas Alvin. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More