Survei LIPI: Tingkat Kepuasan Terhadap Presiden Jokowi 79,31%

Penulis: Nurjiyanto Pada: Selasa, 07 Agu 2018, 21:11 WIB Politik dan Hukum
Survei LIPI: Tingkat Kepuasan Terhadap Presiden Jokowi 79,31%

MI/ROMMY PUJIANTO

TIM Survei Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis hasil kajian survei mereka terhadap kondisi politik, ekonomi, sosial budaya, serta kemanan jelang pemilu serentak 2019. Dalam salah satu poinnya menunjukan kinerja lembaga demokrasi yakni Presiden mendapat tingkat penilaian kepuasan sebesar 79.31%.

Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor menuturkan salah satu yang menjadi faktor kepuasan responden ialah baiknya pembangunan infrastruktur jalan, telekomunikasi, kesehatan, serta pendidikan.

Namun, tingginya tingkat kepuasan tersebut masih memiliki catatan khususnya dibidang akses masyarakat terhadap kebutuhan dasar yakni perumahan.

"Infrastruktur baik tapi akses terhadap kebutuhan perumahan masih sulit, dan belum ada solusi dari pemerintah. Padahal memiliki rumah ini kebutuhan dasar," ujarnya dalam penejelasan hasil survei di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (7/8).

Dalam survei tersebut pun tercatat tingkat kesetaraan dalam bidang ekonomi masih dinilai buruk yakni hanya diangka 34.48%. Untuk itu Firman menuturkan kesetaraan dibidang ekonomi harus lebih diperhatikan.

Pasalnya, hal itu bisa mempengaruhi tingkat kesenjagan sosial sehingga digunakan para elit politik dalam menyebar politik SARA khususnya jelang Pemilu mendatang.

"Akses ekonomi dan politik jadi penyebab konflik sosial. Sedangkan faktor spiritual tidak terlalu besar. Jadi faktor material ini masih lebih signifikan," ungkapnya.

Dalam survei tersebut, lembaga yang dinilai kinerjanya baik selain Presiden dan melebihi tingkat kepuasan 70% adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (92.41%), Tentara Nasional Indonesia (80.69%), Mahkamah Konstitusi (73.79%), dan pers (71.03%).

Sedangkan Kepala Daerah (46.21%), DPR (23.45%), DPD (28.28%), peradilan umum (35.86%), serta Polri (13.10%) nilainya dibawah 50%. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More