Bakteri dan Disinfektan

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga Pada: Jumat, 03 Agu 2018, 09:20 WIB Teknologi
Bakteri dan Disinfektan

MI/Duta

SEBUAH penelitian di Australia menemukan ada jenis bakteri lain yang ternyata semakin toleran terhadap disinfektan berbasis alkohol yang ditemukan ketika mencuci tangan dan pembersih di rumah-rumah sakit. Bakteri itu ialah Enterococcus faecium (E faecium), yang hidup di usus dan dapat menyebar melalui kateter dan ventilator dalam pengaturan perawatan kesehatan.

“Infeksi E faecium yang resistan terhadap obat telah meningkat meskipun dengan penggunaan disinfektan alkohol dan saat ini merupakan penyebab utama infeksi yang didapat di rumah sakit,” kata laporan tersebut dalam jurnal Science Translational Medicine, Rabu (1/8).

E faecium secara khusus diyakini menyebabkan sepertiga infeksi enterococcal di Australia, 90% di antaranya resisten terhadap antibiotik ampisilin dan 50% di antaranya juga resisten terhadap vankomisin.(AFP/Yan/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More