Bakteri dan Disinfektan

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga Pada: Jumat, 03 Agu 2018, 09:20 WIB Teknologi
Bakteri dan Disinfektan

MI/Duta

SEBUAH penelitian di Australia menemukan ada jenis bakteri lain yang ternyata semakin toleran terhadap disinfektan berbasis alkohol yang ditemukan ketika mencuci tangan dan pembersih di rumah-rumah sakit. Bakteri itu ialah Enterococcus faecium (E faecium), yang hidup di usus dan dapat menyebar melalui kateter dan ventilator dalam pengaturan perawatan kesehatan.

“Infeksi E faecium yang resistan terhadap obat telah meningkat meskipun dengan penggunaan disinfektan alkohol dan saat ini merupakan penyebab utama infeksi yang didapat di rumah sakit,” kata laporan tersebut dalam jurnal Science Translational Medicine, Rabu (1/8).

E faecium secara khusus diyakini menyebabkan sepertiga infeksi enterococcal di Australia, 90% di antaranya resisten terhadap antibiotik ampisilin dan 50% di antaranya juga resisten terhadap vankomisin.(AFP/Yan/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More