Bakteri dan Disinfektan

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga Pada: Jumat, 03 Agu 2018, 09:20 WIB Teknologi
Bakteri dan Disinfektan

MI/Duta

SEBUAH penelitian di Australia menemukan ada jenis bakteri lain yang ternyata semakin toleran terhadap disinfektan berbasis alkohol yang ditemukan ketika mencuci tangan dan pembersih di rumah-rumah sakit. Bakteri itu ialah Enterococcus faecium (E faecium), yang hidup di usus dan dapat menyebar melalui kateter dan ventilator dalam pengaturan perawatan kesehatan.

“Infeksi E faecium yang resistan terhadap obat telah meningkat meskipun dengan penggunaan disinfektan alkohol dan saat ini merupakan penyebab utama infeksi yang didapat di rumah sakit,” kata laporan tersebut dalam jurnal Science Translational Medicine, Rabu (1/8).

E faecium secara khusus diyakini menyebabkan sepertiga infeksi enterococcal di Australia, 90% di antaranya resisten terhadap antibiotik ampisilin dan 50% di antaranya juga resisten terhadap vankomisin.(AFP/Yan/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More