Festival Ikhlas Tersenyum di Yogyakarta

Penulis: Fathurrozak Pada: Senin, 23 Jul 2018, 20:00 WIB Weekend
Festival Ikhlas Tersenyum di Yogyakarta

Antara/ Andreas Fitri Atmoko
Peserta berpawai di Festival Kesenian Yogyakarta 2017. Tahun ini tema yang diusung adalah Mesemeleh yang berarti ikhlas tersenyum.

YOGYAKARTA kembali menggelar hajat kebudayaan dalam Festival Kesenian Yogyakarta (FKY). Dalam hajatan ke-30nya, tema yang diusung ialah Mesemeleh. Mesemeleh berasal dari dua kata bahasa Jawa, mesem, dan semeleh. Mesem berarti tersenyum, dan semeleh berarti ikhlas atau menerima.
Mesem merepresentasikan kedewasaan FKY untuk tetap menyajikan festival yang menarik, menghibur dan edukatif, sekaligus relevan dengan perkembangan zaman, baik dalam karya hingga penyajiannya. Sementara Semeleh merepresentasikan FKY sebagai festival seni yang memberikan ruang kepada semua pihak yang berpartisipasi di dalamnya, baik itu kreator, panitia, masyarakat, hingga pemerintah.
Dibuka dengan pawai pada Senin (23/07) pukul 15.00 WIB yang melintasi Jalan Malioboro, dan dimeriahkan dengan tarian dari Sekar Pudyastuti dari Ayudyah Art Dance yang diiringi Pengrawit Melody Jawi pimpinan Pratiwi Wibowo.
Usai pawai dan dibuka dengan membunyikan kentongan sebagai simbol berkomunikasi atau 'wara-wara' kepada masyarakat, pengunjung akan dihibur dengan kelompok musik eksperimental tuan rumah yang telah mendunia, Senyawa.
"Kami memilih Senyawa untuk turut dalam rangkaian pembukaan festival ini karena kelompok musik ini menunjukkan progresifitas seni musik nusantara yang berkembang di Yogyakarta. Ini bisa dimaknai bahwa Senyawa mengalami masa-masa puncak dari kehidupan seni musik Yogyakarta dan diterima oleh dunia. Perkembangan yang sangat signifikan ini dapat diterima sebagai wujud semeleh atas perkembangan yang ada. Dan juga, sebagai tambahan, Senyawa telah dikenal baik di Eropa dan benua lain selama 2 tahun belakangan." papar Ishari Sahida, Ketua II – Direktur Program Pertunjukan dalam rilis yang dipublikasi Senin (23/7/2018).
Hal yang unik lain dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di FKY 30 ini selain ada Pawai Pembukaan, akan digelar pula Pawai Mesemeleh yang diikuti oleh perwakilan kabupaten-kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang akan diselenggarakan pada 7 Agustus 2018 di Jalan. Malioboro Yogyakarta. Festival yang akan berlangsung selama 18 hari hingga 9 Agustus ini kebanyakan akan berlokasi di Planet Pyramid dan Jogja National Museum. (M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More