8 Calon Haji Purwakarta Gagal Berangkat

Penulis: Reza Sunarya Pada: Minggu, 22 Jul 2018, 17:45 WIB Nusantara
8 Calon Haji Purwakarta Gagal Berangkat

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

DELAPAN jemaah calon haji asal Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat batal menunaikan ibadah haji tahun ini. Sementara Jumlah calon haji asal Purwakarta 2018 mencapai 736 calon haji masuk dalam kolompok terbang (kloter) 20 dan 58.

Sampai pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) gelombang dua selesai, ada sejumlah calon jemaah yang tak kunjung menyelesaikan pembayaran biayanya. Ada juga jemaah yang meminta mutasi ke daerah lain sehingga dipastikan mereka gagal berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. 

"Salah satu di antaranya, yakni ada sebagian dari mereka tak bisa melunasi BPIH, ada juga di antaranya calon haji yang mutasi ke daerah lain," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat Tedi Ahmad Junaedi, Minggu (22/7).

Menurut Tedi, awalnya kuota haji tahun ini untuk Purwakarta mencapai 744 jemaah. Dengan delapan orang calon jemaah yang pemberangkatan ditunda, calon jemaah yang siap berangkat totalnya menjadi 736 calon haji. 

Dari 736 calon jemaah haji yang siap berangkat terbagi dalam dua kloter. Kloter 20 dengan jumlah 410 calon jamaah haji, serta 326 calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 58.

Untuk Kloter 20 dilepas dengan titik kumpul di Lapangan Yon Armed Pasopati pada Minggu (22/7) sekitar pukul 00.20 WIB. Kemudian, tiba di Embarkasi Bekasi Senin dini hari sekitar pukul 02.20 WIB. Setelah itu, mereka akan take off dari Bandara Soekarno-Hatta, pada Senin (23/7) malam sekitar pukul 20.20 WIB.

Sementara untuk calon jamaah haji yang masuk kloter 58, bergabung dengan calon haji dari Kabupaten Bogor. Kelompok ini, akan meninggalkan Purwakarta pada 3 Agustus mendatang.

Tedi menambahkan, mulai tahun ini jamaah haji asal Jabar tidak harus menunggu pemeriksaan di imigrasi Arab Saudi. Pasalnya, pemeriksaan imigrasi Arab Saudi, sudah bisa dilakukan di Embarkasi Bekasi. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More