PII Dukung Duet Jokowi-Airlangga pada Pilpres 2019

Penulis: Putra Ananda Pada: Sabtu, 21 Jul 2018, 22:15 WIB Politik dan Hukum
PII Dukung Duet Jokowi-Airlangga pada Pilpres 2019

ANTARA FOTO/Biropers-Muchlis

PERSATUAN Insinyur Indonesia (PII) mendukung pemimpin yang akan memastikan kebersinambungan pembangunan bangsa, dengan memadukan pembangunan infrastruktur dan industri, demi kesejahteraan rakyat.

Wakil Ketua Umum PII Heru Dewanto menyatakan, PII menganut faham ekonomi nilai tambah (value added economy) yang bertumpu pada engineering, teknologi, dan industri. PII juga percaya bahwa persaingan dunia membutuhkan fondasi jaringan infrastruktur pendukung yang andal.

PII memandang Presiden Jokowi selayaknya diberi kesempatan memimpin untuk periode kedua, dan didampingi oleh sosok yang mampu menuntaskan pembangunan infrastruktur sekaligus menyiapkan pertumbuhan industri nasional berdaya saing global, yang selaras dengan tuntutan industri 4.0.

“Selama ini, Bapak Jokowi sudah sangat baik memacu pembangunan infrastruktur. Namun, infrastruktur hanyalah sebuah perantara. Tujuan akhir adalah sektor industri. Dan saat ini yang sudah terbukti mengakselerasi pertumbuhan industri nasional dan menginisiasi Indonesia 4.0, ya Pak Airlangga. Jadi secara substansif, ini alasan saya mendukung Bapak Jokowi dan Airlangga memimpin bangsa ini 5 tahun ke depan,” kata Heru dalam sebuah diskusi kelistrikan di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (20/7).

Menurut Heru, sektor industri terhadap produk domestik bruto di Indonesia telah mencapai angka 22%. Namun, dia mengatakan, sektor industri di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain. Padahal sektor industri memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan lagi karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah.

“Industri merupakan nilai tambah dari perekonomian. Industri menciptakan nilai tambah berlipat ganda dari sumber daya alam yang melimpah, dan juga menciptakan peluang kerja yang masif,” katanya.

Selain itu, Heru sebagai Waketum PII juga mempunyai alasan subyektif mendukung Airlangga Hartarto, karena Menteri Perindustrian itu juga Mantan Ketua Umum PII.

“Kalau secara substansif, pasangan Jokowi dan Airlangga saya nilai mampu mendongkrak kesejahteraan rakyat melalui infrastruktur dan perindustrian. Namun, secara subjektif keduanya juga adalah SDM terbaik Persatuan Insinyur Indonesia, karena Bapak Ir Joko Widodo adalah anggota PII, dan Pak Airlangga adalah Mantan Ketua Umum PII,” kata Heru.

Heru juga menyebutkan bahwa hasil kerja yang ditunjukkan oleh Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian bisa terlihat nyata, yaitu tingkat pertumbuhan industri yang maju pesat bahkan tumbuh melebihi pertumbuhan ekonomi Indonesia, yaitu 5,46% pada 2017. Selain itu, visi Airlangga untuk mewujudkan industri 4.0 menjadi nyata merupakan sebuah harapan bagi industri di Indonesia untuk bisa lebih maju. “Kita butuh dua orang visioner untuk benar-benar membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera’ ujar Heru. (X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More