Aneka Soto ala Soto Dudu

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 21 Jul 2018, 23:45 WIB Weekend
Aneka Soto ala Soto Dudu

MI/ROMMY PUJIANTO

SOTO merupakan salah satu kuliner autentik Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki ciri khas soto sendiri. Ragam soto Nusantara bisa Anda nikmati di restoran Soto Dudu di kawasan Taman SPBU, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Hidangan yang menjadi andalan tempat ini ialah soto kedondong. Soto unik ini disajikan dengan potongan buah kedondong. Kuahnya bening dari kaldu rebusan tulang daging sapi dan kedondong selama 4 jam. Tak heran rasa dari kuahnya segar dan gurih, dengan tambahan potongan buah kedondong segarnya saat penyajian semakin memperkaya cita rasa dengan rasa asam khas kedondong yang bertekstur renyah. Dipadukan dengan sayuran seperti tauge, kol, dan tomat semakin menggugah selera.

Berbagai potongan daging diolah terpisah dari kuah soto. Daging sapi, paru, dan kikil dimasak bacem dengan bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, gula merah, dan rempah-rempah lainnya. Rasa dagingnya gurih sedikit masih dengan tekstur yang lembut dan bumbu yang sudah menyerap sempurna. Cocok dipadukan dengan beragam kuah soto termasuk soto kedondong.

Anda juga bisa memilih kuah soto yang ingin dipadukan dengan daging sapi, paru, maupun kikil. Namun, jika Anda tidak memilih varian lauknya, akan disajikan campur perpaduan dari tiga lauk tersebut.

Soto lain yang patut dicoba ialah soto bogor. Kuahnya kental dengan warna sedikit kekuningan. Rasanya gurih dan sedikit manis, dilengkapi dengan potongan lobak yang sudah di-blanching (dimasak dengan cara dicelup-celup ke air panas) sehingga rasa serta tekstur renyah dari lobaknya masih tejaga, sangat pas saat dinikmati bersamaan dengan kuah dan dagingnya serta seporsi nasi panas.

"Kalau soto betawi pakai susu dan santan, pakai rempah-rempah juga, seperti kayu manis, biji pala, bunga bintang," ungkap Marketing Manager Soto Dudu, Dede Kusnadi, kepada Media Indonesia, Kamis (28/5).

Kuah soto ini gurih dengan aroma susu dan kayu manis yang cukup kuat. Kuahnya tidak terlalu kental dan disajikan dengan emping, kol, kentang, dan tauge.

Kering

Selain soto berkuah, restoran ini juga menyediakan soto kering dengan daging dan kuahnya terpisah. Bagi pencinta pedas, patut mencoba soto rica-rica. Soto ini pada dasarnya daging yang sudah dibacem tadi di -saute (teknik memasak dengan panas yang tinggi menggunakan sedikit minyak dalam waktu yang singkat) dengan sambal rica-rica yang terbuat dari bawang putih dan cabai merah. Rasa dagingnya menjadi sedikit pedas dan gurih. Untuk kuah pelengkapnya Anda dapat memilih sesuai selera dengan opsi kuah kuning, kuah bening, atau kuah soto betawi.

Ada pula soto garlic. Pada dasarnya mirip dengan soto rica-rica, tetapi dagingnya di-saute dengan bawang putih cincang. Rasanya sangat gurih dengan aroma bawang putih yang kuat. Pilihan kuah pelengkapnya ialah kuah kuning, bening, atau kuah soto betawi.

Sereh

Untuk minumannya, ada tiga yang wajib Anda coba, yaitu es teler, es sereh lemon, serta jus sawi lemon.

"Es sereh lemon, serehnya tidak direbus, tapi di-blend sampai halus kemudian ditambah air sedikit dan ditambahkan dengan lemon juice lalu disaring dan diberi sirup dan selasih," jelas Dede.

Es sereh lemonnya sendiri bercita rasa unik, sedikit asam dan manis, serta aroma sereh yang khas nan menyegarkan. Untuk jus sawi lemonnya yang merupakan minuman menyehatkan memiliki rasa yang tidak manis dan sedikit asam, tetapi tetap menyegarkan. Untuk es telernya sendiri sama seperti es teler pada umumnya dengan isian buah kelapa muda, potongan alpukat, nangka, dan kental manis, rasa manisnya sendiri pas, cocok untuk menetralisasi beragam soto yang sudah dinikmati.

Dari segi harga, Soto Dudu membanderolnya dengan harga yang terjangkau, mulai Rp14.000 sampai Rp34.000. Selain itu, setiap akhir pekan, Soto Dudu juga akan menyajikan satu soto spesial yang akan berganti setiap minggunya, mulai soto padang, soto bandung, soto sokaraja, soto kudus, dan soto medan yang disajikan di weekend special stall.

Suasana restorannya sendiri alami dengan area semi terbuka yang dapat menampung lebih dari 130 orang dengan area parkir yang cukup luas, cocok untuk berkumpul bersama keluarga ataupun mengadakan acara gathering. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More