Wamenlu Bahas Tindak Lanjut Pertemuan PM India dan Presiden Jokowi

Penulis: Micom Pada: Jumat, 20 Jul 2018, 11:15 WIB Internasional
Wamenlu Bahas Tindak Lanjut Pertemuan PM India dan Presiden Jokowi

Dok. Kemenlu

WAKIL Menteri Luar Negeri AM Fachir didampingi Duta Besar Indonesia untuk India Sidharto Reza Suryodipuro menemui Minister of State for External Affairs India MJ Akbar di New Delhi untuk mendiskusikan tindak lanjut pertemuan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Mei 2018 lalu.

“Berbagai hal yang kami diskusikan antara lain implementasi kerja sama ekonomi dan konektifitas maritim, kerja sama keamanan serta dialog lintas agama," ungka[ Fachir.

Khusus untuk kerja sama ekonomi dan konektifitas, baru saja diselenggarakan Indonesia-India Investment Forum: Chapter Aceh-Andaman & Nicobar sebagai langkah penting untuk membangun konektifitas maritim antara pulau-pulau di India dan Indonesia.

Itu merupakan amanat dari dokumen statement on shared vision of India-Indonesia Maritime Cooperation in the Indo-Pacific yang disepakati oleh PM Modi dan Presiden Jokowi. Lanjut Wamenlu RI.

Dalam waktu dekat, MJ Akbar juga akan mengunjungi Indonesia untuk membahas persiapan penyelenggaraan Dialog Lintas Agama Indonesia-India yang pertama.

Sebagai bangsa pluralis, Indonesia dan India berharap dapat berbagi dan bertukar pengalaman dalam mengelola kemajemukan di negaranya masing-masing.

Sebagai informasi saat berkunjung ke Indonesia, akhir Mei 2018, Presiden RI dan PM India telah sepakat meningkatkan kerja sama menjadi Kemitraan Strategis yang Komprehensif, menghasilkan dokumen  

Joint Statement dan Statement on the Shared Vision of India – Indonesia Maritime Cooperation in the Indo-Pacific serta menghasilkan 9 MoU/Perjanjian antarpemerintah dan enam perjanjian yang ditandatangani oleh pihak swasta.

Kunjungan Wamenlu RI ke India kali ini juga dimaksudkan untuk berpartisipasi pada Delhi Dialogue X yang dihadiri oleh para Menteri, Wakil Menteri, pebisnis terkemuka, akademisi serta think-tank, dari ASEAN dan India. (RO/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More