1783: Galaksi Bimasakti Ditemukan

Penulis: BBC | History | Dokumentasi MI Pada: Rabu, 18 Jul 2018, 07:40 WIB Humaniora
1783:  Galaksi Bimasakti Ditemukan

wikipedia

WILLIAM Herschel, astronom Inggris, berhasil mengidentifikasi Galaksi Bimasakti atau Milky Way. Dengan teleskop hasil buatannya, Herschel berhasil menemukan bahwa Galaksi Bimasakti tersusun dari miliaran bintang, sedangkan tata surya, yaitu matahari dan planet-planet yang mengelilinginya, hanya satu bagian yang sangat kecil dari galaksi tersebut.

Penelitian selanjutnya menemukan bahwa Galaksi Bimasakti terdiri dari 400 miliar bintang dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya, sedangkan satu tahun cahaya sama dengan 9.500 miliar kilometer. Galaksi Bimasakti jika dilihat dari samping berbentuk seperti cakram dan dari atas seperti spiral.
Matahari yang menjadi pusat peredaran bumi dan planet-planet lain di tata surya, letaknya sekitar 40.000 tahun cahaya dari pusat Bimasakti.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More