1783: Galaksi Bimasakti Ditemukan

Penulis: BBC | History | Dokumentasi MI Pada: Rabu, 18 Jul 2018, 07:40 WIB Humaniora
1783:  Galaksi Bimasakti Ditemukan

wikipedia

WILLIAM Herschel, astronom Inggris, berhasil mengidentifikasi Galaksi Bimasakti atau Milky Way. Dengan teleskop hasil buatannya, Herschel berhasil menemukan bahwa Galaksi Bimasakti tersusun dari miliaran bintang, sedangkan tata surya, yaitu matahari dan planet-planet yang mengelilinginya, hanya satu bagian yang sangat kecil dari galaksi tersebut.

Penelitian selanjutnya menemukan bahwa Galaksi Bimasakti terdiri dari 400 miliar bintang dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya, sedangkan satu tahun cahaya sama dengan 9.500 miliar kilometer. Galaksi Bimasakti jika dilihat dari samping berbentuk seperti cakram dan dari atas seperti spiral.
Matahari yang menjadi pusat peredaran bumi dan planet-planet lain di tata surya, letaknya sekitar 40.000 tahun cahaya dari pusat Bimasakti.

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More