Demi PKH, Idrus Gandeng Miss Grand Indonesia

Penulis: Sri Utami Pada: Selasa, 17 Jul 2018, 21:50 WIB Politik dan Hukum
Demi PKH, Idrus Gandeng Miss Grand Indonesia

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

KEMENTERIAN Sosial menggandeng 30 peserta Miss Grand Indonesia untuk bekerja sama mendorong partisipasi masyarakat melalui berbagai program, salah satunya Program Keluarga Harapan (PKH).

Menteri Sosial Idrus Marham mengungkapkan mereka harus mampu memberikan pengaruh positif kepada masyarakat untuk menumbuhkan mental kemandirian.

"Dengan PKH kami berharap mereka bisa mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Secara bertahap ini akan direalisasikan," ujarnya saat menerima kunjungan 30 Miss Grand Indonesia tersebut di Jakarta, Selasa (17/7).

Idrus juga berharap kerja sama itu dapat mendorong kesadaran pemuda untuk berperan aktif dalam menyampaikan gagasan sekaligus menjadi garda terdepan untuk tidak lagi berpikir primordial dan subjektif.

"Cara berpikir seperti ini yang membuat masyarakat kita sulit untuk maju. Berpikirlah secara kontektual dan akademis," jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut Idrus juga menuturkan mental masyarakat yang masih enggan mandiri menjadi penyebab tingginya angka kemiskinan. Pemerintah pun menggunakan banyak instrumen untuk dapat mengurangi angka terebut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Instrumen yang digunakan bukan hanya beras sejahtera (rastra) tapi ada kartu Indonesia sehat dengan peserta 92 juta dan kartu Indonesia pintar 19 juta jiwa," jelasnya.

Kemensos lanjutnya dalam melaksanakan program juga berbasis kesejahteraan keluarga. Saat ini sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) telah masuk dalam PKH.

"Angka ini sebelumya diketahui dengan melakukan survei sehingga tepat sasaran. Dari seluruh instrumen, PKH ialah instrumen paling efektif meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tingkat kemiskinan yang menurun," cetusnya.

Juru bicara pengurus panitia Miss Grand Indonesia dari Yayasan Dharma Gantari, Adyani Anindyaswari, menuturkan kehadiran peserta yang mengusung tema Kecantikan dalam Keberagaman membawa misi perdamaian dan penghentian kekerasan.

Pertemuan dengan Mensos Idrus Marham menjadi bagian dari menumbuhkan kepedulian peserta terhadap dinamika sosial. "Kedatangan kami dengan membawa tema yang berpesan perdamaian," tandasnya. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More