Ini Dua Kandidat Potensial Pendamping Jokowi

Penulis: Nur Aivanni Pada: Sabtu, 14 Jul 2018, 13:04 WIB Politik dan Hukum
Ini Dua Kandidat Potensial Pendamping Jokowi

ANTARA/Puspa Perwitasari

PENGAMAT Politik Emrus Sihombing menilai ada dua kandidat yang berpeluang mendampingi Joko Widodo dalam Pilpres 2019 mendatang. Dua kandidat tersebut adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Airlangga, kata Emrus, memiliki kapasitas untuk mendampingi Jokowi. Selain jabatannya saat ini sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan Menteri Perindustrian, Airlangga pun dinilai memiliki kedekatan dengan Jokowi secara psikologis.

Kendati demikian, kata Emrus, Airlangga memiliki kelemahan dari sisi elektabilitas. Saat ini, elektabilitas Airlangga tidak mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi.

"Selain itu, apakah partai pengusung rela Airlangga menjadi cawapres Jokowi? Di sini, bisa jadi ada kompromi politik," katanya dalam diskusi yang bertajuk Jokowi Memilih Cawapres, di Jakarta, Sabtu (14/7).

Sementara itu, sosok Mahfud MD, lanjut Emrus, bisa menjadi pilihan alternatif bagi parpol pengusung yang nantinya tidak juga menemukan titik temu siapa kandidat yang akan menjadi cawapres Jokowi.

"Ketika kompromi politik tidak sampai pada titik temu, bisa bergeser pada kesepakatan bersama menjadi Mahfud MD," terangnya.

Apalagi, kata Emrus, Mahfud adalah tokoh yang bisa mengatasi isu-isu seperti halnya politik identitas yang kerap kali muncul saat pemilihan umum.

"Dia adalah tokoh yang bisa mengatasi isu-isu politik identitas yang tidak produktif," pungkasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More