TNI Mulai Perbaiki Rumah Zohri

Penulis: Antara Pada: Sabtu, 14 Jul 2018, 12:23 WIB Nusantara
TNI Mulai Perbaiki Rumah Zohri

ANTARA/Ahmad Subaidi

RUMAH atlet peraih medali emas lari 100 meter putra di Kejuaraan Dunia Atletik U20 di Finlandia, Lalu Muhammad Zohri, di Dusun Pansor, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara mulai dibongkar sejumlah personel TNI yang dibantu masyarakat setempat sejak Sabtu (14/7) pagi untuk diperbaiki.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani menyampaikan pembongkaran tersebut dilakukan berdasarkan hasil koordinasi pihaknya bersama keluarga Zohri.

"Alhamdulillah keluarganya, semalam, Jumat (13/7), mengizinkan dan merestui perehaban," katanya saat berada di rumah Zohri, Sabtu (14/7).

Namun, sambungnya, perehaban ini tidak mengubah konsep aslinya dengan tetap menggunakan kayu dan atapnya menggunakan genteng sesuai permintaan pihak keluarga sehingga tidak mengubah kesan aslinya.  

"Cuma konsep bangunananya yang akan kami lebarkan 1 meter ke belakang supaya lebih luas dengan atap naik menjadi menjadi 3 meter agar lebih nyaman," ujar Rizal.

Dilanjutkannya, di dalam ruangan akan dipasang keramik, dibuatkan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur yang sebelumnya belum ada  dengan harapan sekembalinya Zohri nanti lebih bisa meningkatkan prestasinya di tingkat internasional.

Terkait seluruh biaya, kata Rizal, sudah banyak donasi dari seluruh Indonesia dan juga banyak yang sudah menghubungi TNI untuk membantu, salah satunya PT Indonesia Tourism Development  Corporation (PT ITDC) di wilayah NTB.  

"Jumlah anggaran perehaban rumah masih dihitung Danden Zibang 2/IX Mataram dan direncanakan satu bulan ke depan sudah selesai karena dibantu masyarakat dan steakholder yang lain," terangnya.

Selain perehaban rumah, tambah Rizal, juga akan dilakukan perabatan jalan.

"Kami juga akan mengerjakan fasilitas umum berupa perabatan jalan sekaligus pemasangan lampu penerangan jalan agar nyaman digunakan oleh masyarakat dan anak-anak juga bisa bermain dengan aman," tandas Rizal.

Selain personel TNI yang melaksanakan pembongkaran dan perehaban, terlihat juga di lokasi anggota PLN untuk membantu memasang lampu jalan dan dari BPN untuk mengukur luas tanah milik keluarga  Zohri dalam rangka pembuatan sertifikat.  

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah atlet atletik putra Indonesia Zohri yang meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20.

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi, kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok," kata Presiden dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat (13/7).

Zohri berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik dalam Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7) malam waktu setempat. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More