Terapi Virtual Reality Kurangi Takut Ketinggian

Penulis: Yan Pada: Sabtu, 14 Jul 2018, 11:58 WIB Humaniora
Terapi Virtual Reality Kurangi Takut Ketinggian

ORANG-ORANG yang takut ketinggian kini bisa diterapi dengan virtual reality (VR) menunggangi paus terbang. Sebuah tim, termasuk psikolog dan ahli teknologi informasi menempatkan mereka yang takut ketinggian dalam serangkaian simulasi VR. Hasilnya, seperti dilaporkan jurnal kedokteran The Lancet Psychiatry, semua melaporkan rasa takut mereka berkurang.

"Kami merancang perawatan yang imajinatif, menghibur, dan mudah dinavigasi sebanyak mungkin," jelas pemimpin studi, Daniel Freeman, dari Departemen Psikiatri Universitas Oxford, Inggris, Kamis (12/7).

Perawatan berbasis VR, lanjutnya, berpotensi meningkatkan penyediaan perawatan untuk pasien gangguan mental. Pasien, imbuhnya, memakai kacamata dan sarung tangan sambil berdiri di atas tanah keras selama 30 menit. Kemudian mereka berpindah ke dunia tiga dimensi.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More