Islandia Gantikan AS di Komisi HAM PBB

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Sabtu, 14 Jul 2018, 09:00 WIB Internasional
Islandia Gantikan AS di Komisi HAM PBB

AFP/JEWEL SAMAD

ISLANDIA, Jumat (13/7), terpilih mengisi posisi yang kosong di Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) PBB setelah Amerika Serikat (AS) memutuskan keluar dari badan itu dengan alasan adanya bias anti-Israel.

Dalam voting tertutup yang dilakukan di Majelis Umum PBB, Islandia mendapatkan 172 suara.

Seperti AS, Islandia berjanji melakukan reformasi dalam badan yang beranggotakan 47 negara yang bertugas mengawasi pelanggaran HAM di dunia itu.

Menteri Luar Negeri Islandia Gudlaugur Thor Thordarson, pekan lalu, mengatakan telah tiba saatnya untuk mengatasi keterbatasan Komisi HAM PBB dan menyelesaikan ketidakseimbangan yang terjadi.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Halley, bulan lalu, mengumumkan pengunduran diri 'Negeri Paman Sam' itu dari Komisi HAM PBB dengan menuding badan itu sebagai pelindung pelanggar HAM dan sarang bias politik.

Secara khusus, Haley mengecam komisi itu karena mengadopsi resolusi yang mengecam Israel yang disebut menganiaya warga Palestina.

Sebelumnya, Washington juga telah keluar dari badan kebudayaan PBB UNESCO dan memangkas dana untuk PBB, khususnya badan pengungsi Palestina UNRWA. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More