Rusia Tuai Pujian FIFA

Penulis: Nurul Fadillah Pada: Sabtu, 14 Jul 2018, 07:00 WIB Sepak Bola
Rusia Tuai Pujian FIFA

AFP PHOTO / Alexander NEMENOV

WALAUPUN gagal menjadi juara, Rusia dinilai sukses menjadi penyelenggara Piala Dunia 2018. Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino menggambarkan Piala Dunia kali ini sebagai pesta sepak bola terbaik di sepanjang sejarah.

Infantino pun berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Rusia yang telah mendukung kesuksesan penyelenggaraan. Sambil menge-nakan jaket sukarelawan FIFA, Infantino mengatakan kepada para awak media di Moskow bahwa infrastruktur, penyambutan para negara partisipan, dan keberhasilan sistem video assistant referee (VAR) telah berkontribusi besar pada keberhasilan Piala Dunia kali ini.

"Sejak beberapa tahun ter-akhir saya bisa katakan ini adalah Piala Dunia terbaik. Hari ini saya bisa mengatakannya dengan lebih yakin karena saya dan kalian menjalaninya, ini adalah Piala Dunia terbaik yang pernah ada," ujar Infrantino.

Hingga dua hari menjelang laga final Piala Dunia yang mempertemukan Prancis kontra Kroasia, sebanyak lebih dari 1 juga penggemar dari seluruh dunia telah memadati Rusia. Pada pertemuan di Kremlin, pekan lalu, Infantino memberi tahu Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa hal itu menandakan masyarakat dunia telah jatuh cinta dengan Rusia.

"Saya rasa Piala Dunia telah mengubah persepsi dunia terhadap Rusia. Setiap orang pasti telah menemukan Rusia sebagai negara yang indah, negara yang ramah, penuh dengan orang-orang yang ingin menunjukkan kepada dunia bahwa apa yang dikabarkan di luar tidak sama dengan yang terjadi di sini," lanjutnya.

Soal penyelenggaraan pertandingan, Infantino juga memuji kualitas sepak bola yang dimainkan. Menurutnya, dalam 62 pertandingan yang berlangsung sejauh ini, semua berhasil menyajikan tontonan yang menghibur bagi para penggemar sepak bola dunia.

Meski ada kontroversi terhadap penggunaan VAR, Infantino tetap mendukung penggunaan teknologi tersebut untuk yang pertama kalinya di Piala Dunia. Menurut Infantino, akurasi pada keputusan wasit meningkat dari 95% menjadi 99,32% sejak penggunaan VAR.

"VAR tidak mengubah sepak bola, VAR membersihkan sepak bola, membuat sepak bola lebih jujur dan lebih transparan. Sekarang sulit untuk memikirkan Piala Dunia tanpa VAR," tandas Infantino.

Harapan baru

Sementara itu, hasil buruk Polandia di Piala Dunia 2018 memunculkan kekecewaan dan rasa bersalah yang besar bagi pelatih Adam Nawalka. Pada Piala Dunia kali ini, the Eagles harus tersingkir lebih awal setelah menjadi juru kunci Grup H.

Nawalka memutuskan untuk mundur akhir Juli ini. Keputusan Nawalka tampaknya tak dihalangi Asosiasi Sepak Bola Polandia (PZPN). Bahkan, PZPN telah menemukan pelatih baru yang akan menukangi skuat the Eagles. Mantan kapten timnas Polandia, Jerzy Brzeczek, ditunjuk untuk menangani timnas negara itu.

(AFP/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More