Presiden Apresiasi Rekor Dunia Zohri

Penulis: Pol/Beo/Uta/Ind/Ire/YR/Ant/X-11 Pada: Jumat, 13 Jul 2018, 07:25 WIB Olahraga
Presiden Apresiasi Rekor Dunia Zohri

IAAF
CETAK SEJARAH: Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri mengibarkan bendera Merah Putih seusai memenangi nomor bergengsi lari 100 meter pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) 2018 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7). Zo

PRESIDEN Joko Widodo mengapresiasi prestasi atlet atletik Lalu Muhammad Zohri yang meraih medali emas pada nomor lari 100 meter putra di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 Federasi Asosiasi Atletik Internasional (IAAF) 2018 di Tampere, Finlandia.

Presiden berharap kemenangan Zohri pada Rabu (11/7) itu bisa menjadi modal bagi Indonesia di Asian Games 2018. Ia mendorong atlet-atlet nasional bisa mengukir prestasi serupa.

"Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara," ujar Jokowi di Tangerang, Banten, kemarin.

Apresiasi juga datang dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, yang menilai kemenangan Zohri sebagai sejarah baru bagi Indonesia.

Di lain pihak, Ketua Persa-tuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Suhaimi berharap agar aset bangsa seperti Zohri bisa dijaga, antara lain dengan mendapat pembinaan secara kontinu dan memiliki pelatih yang dapat meningkatkan prestasi.

Sepanjang sejarah 32 tahun Kejuaraan Dunia IAAF U-20, Indonesia sebelumnya hanya mampu finis di urutan kedelapan. Catatan waktu 10,18 detik Zohri telah mengubah sejarah tersebut. "Saya bangga bisa buat sejarah untuk Indonesia," ujar Zohri dalam kutip-an wawancaranya di kanal Youtube IAAF Athletics.

Atlet berusia 18 tahun itu juga menyatakan siap tampil di Asian Games 2018 Agustus mendatang. "Zohri tidak dibebani target. Masa depannya masih panjang. Kita akan minta dia fokus di 4 x 100 meter putra," kata Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

Yang pasti, remaja asal Dusun Pangsor, Desa Bangsal, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, itu akan mendapat bonus.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, misalnya, berjanji menyiapkan beasiswa pendidikan serta merenovasi rumah Zohri.

Senada, Ketua Umum PB PASI Bob Hasan mengatakan pihaknya juga menyediakan bonus tabungan hari tua bagi Zohri atas prestasi yang dicapainya. "Boleh diambil, tapi itu kalau untuk investasi atau usaha," kata Bob yang meminta kemenangan Zohri tak terlalu dibesar-besarkan menyusul kekhawatiran ketidaktenangan yang muncul pada atlet NTB itu. (Pol/Beo/Uta/Ind/Ire/YR/Ant/X-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More