Jakarta Great Sale Bersanding Pesta Olahraga

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Jumat, 13 Jul 2018, 04:45 WIB Katalog Belanja
Jakarta Great Sale Bersanding Pesta Olahraga

ANTARA/GALIH PRADIPTA

PENYELENGGARAAN pesta belanja Festival Jakarta Great Sale tahun ini menjadi momen spesial bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) DKI Jakarta. Pasalnya, ajang yang berlangsung pada 12 Agustus-4 September itu berbarengan dengan pesta olahraga Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang berlangsung selama 18 Agustus-2 September mendatang.

FJGS 2018 memang mengalami beberapa penyesuaian demi ikut memeriahkan pesta olahraga terbesar kedua di dunia tersebut. Salah satunya ialah pergeseran waktu penyelenggaraan yang biasanya dimulai pada medio Juni-Juli sekaligus merayakan ulang tahun kota Jakarta yang menjadi Agustus-September.

Ketua APPBI DKI Jakarta yang juga Ketua Panitia FJGS 2018, Ellen Hidayat, mengungkapkan akan ada 82 pusat belanja yang mengikuti FJGS 2018. Mereka akan menawarkan diskon hingga 70%. Sebanyak 18 pusat belanja nantinya juga akan menampilkan produk dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan program OK OCE DKI Jakarta.

"Pergeseran waktu penyelenggaraan merupakan bentuk dukungan kami untuk menyukseskan Asian Games 2018 sehingga sepanjang penyelenggaraan ajang olahraga bergengsi itu, semua yang tinggal atau datang ke Jakarta dapat menikmati tidak saja ajang olahraga, tapi juga semarak pesta diskon di 82 pusat belanja," kata Ellen kepada pers di Jakarta, Kamis (12/7).

Dukungan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 juga ditunjukkan dengan adanya 20 pusat belanja yang akan menjadi titik penjualan dan pengambilan tiket pertandingan. Selain itu, juga ada 10 pusat belanja yang menjadi mitra ofisial penjualan merchandise Asian Games 2018.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, ajang FJGS juga akan dimeriahkan diskon tengah malam atau yang lazim disebut midnight sale. Kali ini, sebanyak 13 pusat belanja akan menyelenggarakan midnight sale yang biasanya dilangsungkan sejak pukul 20.00 WIB hingga tengah malam.

Saat midnight sale, lanjut Ellen, akan ditawarkan sejumlah program promo tambahan dari tenant pusat belanja, biasanya berupa diskon tambahan di luar promo diskon FJGS atau hadiah langsung dengan jumlah transaksi tertentu, serta undian berhadiah barang elektronik atau lainnya.

Rp4 triliun
Penyelenggaraan FJGS 2018 yang juga melibatkan 8 hotel tersebut menargetkan dapat meraup transaksi hingga Rp4 triliun. Target tersebut turun dari capaian tahun lalu ketika FJGS digelar selama enam minggu dan mencapai transaksi total belasan triliun rupiah.

Menurut Ellen, target kali ini lebih kecil karena selain waktu penyelenggaraan yang lebih pendek, pada Agustus biasanya bukan menjadi momen berbelanja bagi masyarakat Indonesia. Meski demikian, ia optimistis bisa meraih target tersebut karena penyelenggaraannya beriringan dengan Asian Games 2018.

Optimisme serupa juga diungkapkan Kepala Bagian Industri Energi Koperasi UMKM serta Perdagangan DKI Jakarta, Didik Djoenaedi. Menurutnya, Pemprov pun akan memberikan panduan kepada puluhan ribu peserta Asian Games 2018 dari 45 negara mengenai penyelenggaraan FJGS 2018.

"Memang lebih kecil, tapi dengan kehadiran 15 ribu atlet ditambah ofisial dan suporter Asian Games 2018, kami optimistis target bahkan bisa terlampaui. Nantinya kami akan berikan petunjuk dan cara bisa mengunjungi pusat belanja yang menyelenggarakan FJGS 2018," tandas Didik. (S-2)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More