Melepas Kepenatan di Taman Kota Moskow

Penulis: Agus Tri Wibowo Wartawan Media Indonesia Pada: Jumat, 13 Jul 2018, 04:00 WIB Sepak Bola
Melepas Kepenatan di Taman Kota Moskow

AFP PHOTO / Alexander NEMENOV

RUANG terbuka (taman) di Moskow begitu memanjakan warga dan turis yang datang ke ibu kota Rusia tersebut. Tidak hanya kursi untuk melepas penat setelah berjalan, taman-taman yang ada juga menyediakan sambungan internet gratis.

Taman memang sangat identik dengan Kota Moskow. Hampir di setiap sudut Kota Moskow selalu terdapat taman-taman yang asri dan tertata dengan apik.

Ada tempat bermain anak, ada juga taman yang hanya menyediakan tempat untuk kongko. Memang keseharian orang Moskow yang begitu sibuk membuat tidak banyak orang menghabiskan waktu di taman-taman yang ada.

Taman memang cukup banyak di Moskow, apalagi dengan konsep kota yang mengedepankan apartemen sebagai tempat tinggal. Kelegaan dirasakan warga di taman-taman kota itu.

Selain itu, tentu taman menjadi tempat untuk keperluan publik karena di bawah taman bisa ada terowongan lintasan kereta bawah tanah, Metro Moskow. Beberapa juga ada bangunan menjulang sebagai ventilasi atau saluran udara untuk jalur transportasi kereta bawah tanah.

Taman-taman yang berada di sekitar permukiman dan tempat-tempat bangunan publik, seperti stasiun kereta, memang tidak luas, tapi sangat menyejukkan, apalagi terawat dan dilengkapi pula dengan wi-fi sehingga bisa berselancar di dunia maya.

Anda cukup mudah mendapatkannya. Wi-fi disediakan perusahaan telekomunikasi negara dan Anda tinggal memasukkan nomor telepon lokal. Dengan itu, wi-fi gratis sudah tersambung.

Jika Anda ingin lebih melihat interaksi warga dengan segala aktivitas, beberapa taman dengan luas berhektare-hektare juga ada di Moskow. Yang paling terkenal tentunya Gorky Park yang berada di pinggiran Sungai Moskow.

Karena luasnya mencapai lebih dari 120 kali lapangan sepak bola, taman yang menginspirasi tembang Wind of Change grup musik Jerman, Scorpion, bisa dicapai dari berbagai stasiun di sekelilingnya. Ada stasiun Metro Park Kultury, Oktyabrskaya, hingga Vorobyovy Gory. Tetap saja, Anda harus jalan lumayan jauh untuk mencapai taman yang melegenda seiring dengan kejatuhan blok Eropa Timur itu.

Konsep kota taman untuk Moskow tetap terpelihara hingga kini. Pemerintah Kota Moskwa sepertinya sadar betul pentingnya ruang terbuka umum untuk warga Kota Moskow. Bahkan, pelebaran jalan untuk pejalan kaki kian menyempitkan kesempatan mobil pribadi untuk berlalu lalang karena transportasi umum menjadi raja.

Di mana pun, taman akan selalu menjadi penyejuk kota. Kalau Moskow sebagai ibu kota Rusia, sepertinya Ibu Kota Indonesia, Jakarta, harus berevolusi untuk bisa sejajar. Kalau hanya wacana, ya seperti evolusi yang butuh waktu berabad-abad. (R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More