MK Terima 61 Gugatan Sengketa Hasil Pilkada

Penulis: Nur Aivanni Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 20:28 WIB Politik dan Hukum
MK Terima 61 Gugatan Sengketa Hasil Pilkada

MI/Bary Fathahilah

MAHKAMAH Konstitusi (MK) telah menerima 61 permohonan sengketa hasil pilkada serentak 2018. Adapun rinciannya, 42 permohonan yang didaftarkan langsung ke MK dan 19 permohonan yang didaftarkan secara online.

"Sampai sore ini MK sudah menerima sebanyak 61 permohonan," kata Fajar kepada Media Indonesia, Kamis (12/7). MK, sambungnya, akan membuka desk pelayanan pengajuan permohonan hingga Jumat (13/7) pukul 24.00 WIB. Sidang sengketa hasil pilkada diagendakan mulai pada 26 Juli mendatang.

Jumlah permohonan sengketa hasil pilkada serengak ketiga ini, menurut Fajar, mengalami penurunan dibandingkan pilkada sebelumnya. "Tahun sebelumnya lebih dari 50% dari jumlah pilkada. Untuk tahun ini, setidaknya sampai hari ini, tidak sampai 50%, jadi menurun," terangnya.

Secara terpisah, Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar menyampaikan bahwa pihaknya siap bila diminta untuk memberikan keterangan di Mahkamah Konstitusi. Saat ini, pihaknya pun telah mulai mempersiapkan keterangan bagi daerah yang mengajukan permohonan sengketa tersebut. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More