Arinal-Chusnunia Rangkul Pakar Budaya

Penulis: (EP/N-2) Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 23:45 WIB Nusantara
Arinal-Chusnunia Rangkul Pakar Budaya

MI/Eva Pardiana

PASANGAN Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim bergerak cepat. Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Lampung itu menerima kunjungan Prof Margaret Kartomi dari Monash University, Melbourne, Australia.

Selain berusaha mendapat masukan, Arinal meminta sang guru besar ikut mempromosikan budaya dan kekayaan alam Lampung. “Kami ingin bergerak cepat menyusun prog­ram pembangunan untuk Lampung ke depan, terutama program pengembangan kekayaan alam dan budaya Lampung,” jelasnya.

Arinal berjanji lebih giat mempromosikan daerahnya. “Kami sejalan dengan program Presiden Joko Widodo untuk gencar mempromosikan budaya dan pariwisata.”

Presiden, lanjutnya, sudah melakukan langkah besar di Lampung, di antaranya mendorong pembangunan infrastruktur. Dampaknya, rakyat di daerah ini memiliki akses lebih luas sehingga pertumbuhan ekonomi orang Lampung meningkat dalam empat tahun terakhir.
Dalam pertemuan itu, Margaret juga mengungkapkan seorang ahli budaya dari Leiden, Belanda, sedang menuju Lampung siap untuk bekerja sama. “Dia akan mempelajari, menulis, dan mempromosikan adat istiadat dan budaya Lampung.”

Ia meminta Arinal-Chusnunia, saat memimpin, lebih giat mengembangkan dan mempromosikan kebudayaan Lampung, seperti halnya sudah dilakukan pemerintah untuk budaya Jawa, Bali, Aceh, Batak, dan Papua. Masyarakat internasional perlu kenal rakyat Lampung lebih banyak dan lebih dekat lagi. “Perlu membuat banyak event budaya di Lampung dan di dunia internasional,” ujar pakar budaya itu.

Pada kesempatan yang sama, Margaret memuji upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang terus mengangkat budaya lewat berbagai ajang wisata. “Saat dipimpin Bupati Chusnunia, banyak event digelar. Masyarakat internasional pun sangat tertarik dengan berbagai festival yang sudah digelar.”

Di antaranya Festival Way Kambas, Festival Melinting, Fastival Panen Padi, dan Festival Musik.

Chusnunia berjanji dalam waktu dekat ini lebih banyak lagi festival budaya dilakukan di Lampung, khususnya di Lampung Timur. “Lampung Timur memiliki sekitar 2.000 anak-anak muda penari tradisional yang siap menyajikan berbagai tarian untuk berbagai festival,” tandasnya. (EP/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More