Kuasai 51% Saham FI, Bukti Pemerintah Jaga Kedaulatan Energi

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 18:40 WIB Ekonomi
Kuasai 51% Saham FI, Bukti Pemerintah Jaga Kedaulatan Energi

ANTARA

DIREKTUR Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan rampungnya negosiasi divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia (PT FI) merupakan kabar baik.

Pasalnya, prestasi yang diraih dengan mengorbankan energi dan waktu yang cukup banyak itu mampu melahirkan pembuktian bahwa pemerintah berupaya menjaga kedaulatan energi.

"Tuntasnya negosiasi pemerintah dengan Freeport, saya kira dari aspek politik dan ekonomi ini sangat strategis. Yang paling utama adalah masalah kontrol (kedaulatan) kita lebih besar dengan porsi 51 % ini," terangnya kepada Media Indonesia, Kamis (12/7).

Ia menjabarkan keuntungan dari aspek politik dari divestasi 51% saham PT FI itu memberikan kontrol yang lebih mesar untuk mengarahkan kebijakan atau aksi korporasi Freeport.

"Dalam banyak aspek Indonesia akan menjadi pemegang kendali sehingga amanat Pasal 33 UUD1945 dapat benar-benar diwujudkan," ungkapnya.

Menurut dia, dominasi saham PT FI oleh pemerintah melalui konsorsium Inalum ini juga memberikan dampak yang baik bagi ekonomi.

"Dividen yang diterima berpotensi naik," tutupnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More