Jelang Kesepakatan Divestasi. Saham Freeport McMoran Merosot

Penulis: Annisa Ayu Artanti Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 18:35 WIB Ekonomi
Jelang Kesepakatan Divestasi. Saham Freeport McMoran Merosot

ANTARA

MENJELANG penandatanganan Head of Agreement (HoA) tentang pokok-pokok kesepakatan divestasi saham PT Freeport Indonesia, saham Freeport McMoran merosot.

Dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (12/7), harga saham induk perusahaan tambang itu turun pada penutupan perdagangan pukul 04.02 waktu Amerika Serikat sebesar 0,70 poin atau 3,87% dari US$17,52 menjadi US$17,41.

Di Indonesia, sore ini Freeport McMoran akan melakukan penandatanganan pokok-pokok kesepakatan divestasi PT Freeport Indonesia dengan PT Inalum.

Penandatanganan ini akan disaksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Eenergi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Adapun penandatanganan dilakukan langsung oleh CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson dan Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengaku mendapat laporan bahwa Inalum telah mencapai kesepakatan awal dengan PT Freeport Indonesia mengenai hak dan kewajiban terkait pengelolaan tambang Grasberg di Papua. Jokowi menilai itu langkah awal untuk meningkatkan kepemilikan divestasi sebesar 51 persen.

"Holding industri pertambangan kita Inalum telah capai kesepakatan awal dengan Freeport untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah," kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Kamis (12/7).

Menurut dia, usaha yang dilakukan pemerintah tak mudah dalam bernegosiasi dengan Freeport. Apalagi, perusahaan asal Amerika Serikat itu telah memegang porsi kepemilikan yang cukup besar selama puluhan tahun. (Medcom/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More