Harga Telur di Kupang Naik Menjadi Rp60.000 per Rak

Penulis: Palce Amalo Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 13:40 WIB Nusantara
Harga Telur di Kupang Naik Menjadi Rp60.000 per Rak

MI/Palce Amalo

HARGA telur dan daging ayam di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/7) melonjak. Sesuai pantauan di pasar tradisional Kasih, Kelurahan Naikoten 1, harga telur naik mencapai Rp60.000 per rak isi 30 butir dari harga sebelumnya Rp58.000 per rak. 

Sementara daging ayam naik dari harga Rp70.000 per ekor dari harga Rp50.000. Penaikan harga dua komoditas itu dipicu naiknya harga di tingkat produsen. 

"Sudah satu minggu ini harga telur naik karena harga di tingkat produsen naik," ujar Riki Tefu, pedagang telur di pasar tersebut kepada Media Indonesia, Kamis (12/7).

Menurutnya sebagian besar kebutuhan telur di Kupang dipasok dari daerah lain seperti Surabaya, Jawa Timur. Dampaknya jika terjadi penaikan harga di daerah produsen, harga telur di Kupang juga ikut melonjak.
 
Kendati terjadi penaikan harga, menurut Dia, permintaan telur tetap stabil. 

"Lonjakan harga tidak memengaruhi permintaan telur karena orang tetap membutuhkan telur seperti rumah makan dan penjual kue," kata Dia.

Dia menyebutkan pasca Idul Fitri, harga telur berkisar antara Rp50.000-Rp53.000 per rak, tiba-tiba terjadi lonjakan harga di tingkat produsen yang membuat harga telur naik drastis sampai Rp58.000 per rak. 

"Sekarang harga telur naik lagi sampai Rp60.000 per rak," kata Dia.

Adapun harga daging ayam yang sebelumnya dijual Rp50.000 per ekor, mengalami penaikan sebesar Rp20.000 menjadi Rp70.000 per ekor.
 
Elis Kurniawati, pedagang ayam di pasar tersebut mengatakan penaikan harga daging terjadi di tingkat peternak. 

"Karena harga daging ayam di peternak naik, harga di pedagang ikut naik," kata dia.

Berbeda dengan permintaan telur yang tetap stabil, penaikan harga daging ayam membuat permintaan berkurang. Untuk itu, pedagang mulai mengurangi stok untuk berjaga-jaga daging ayam tidak laku terjual. 

Harga bahan kebutuhan lainnya seperti cabai dan daging sapi masih seperti harga sebelum Idul Fitri. Cabai dijual Rp60.000 per kilogram dan daging sapi Rp90.000 per kilogram. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More