Pengisian Silon Bakal Calon Anggota DPR RI Hampir 100%

Penulis: Nur Aivanni Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 11:36 WIB Politik dan Hukum
Pengisian Silon Bakal Calon Anggota DPR RI Hampir 100%

MI/Ramdani

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan mengatakan pengisian data bakal calon Anggota DPR RI ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) setiap partai politik hampir 100%. Hanya saja, hingga hari kesembilan, masa pendaftaran bakal calon Anggota DPR RI belum ada satu parpol pun yang mendaftarkan nama bakal caleg mereka ke KPU Pusat.

"Ya hampir 100% (pengisian data ke Silon), yang belum dilakukan (parpol) kan hadir secara fisik ke KPU untuk membawa dokumen pendaftaran," kata Wahyu saat ditemui di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Kamis (12/7).

Wahyu mengatakan tidak ada keluhan yang disampaikan parpol ke KPU terkait pendaftaran bakal calon Anggota DPR RI.

Adapun alasan yang pasti mengapa parpol belum juga mendaftar ke KPU, kata Wahyu, itu hanya diketahui oleh partai yang bersangkutan.

"Sampai saat ini tidak ada keluhan Parpol terkait dengan pelayanan yang kami berikan. Artinya kita dalam posisi siap melayani kapan pun parpol mendaftarkan bakal calon Anggota DPR RI," katanya.

Sebelumnya, menurut informasi yang diterima KPU, PKB rencananya akan mendaftarkan nama bakal calegnya hari ini. Hanya saja, agenda tersebut pun kemudian diinformasikan batal.

Wahyu mengaku bahwa pembatalan tersebut tidak menjadi masalah bagi KPU. Pasalnya, masa pendaftaran masih terbuka hingga 17 Juli nanti.

Wahyu memprediksi parpol akan melakukan pendaftaran nama bakal caleg mereka di akhir-akhir masa pendaftaran. Meski demikian, kata dia, KPU telah menyiapkan segala skenario apabila parpol memanfaatkan waktu di akhir masa pendaftaran.

"Bagi kami tentu saja kita berharap parpol memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, meskipun memang ini belum batas akhir (pendaftaran). Tetapi tentu saja konsekuensi logisnya apabila parpol mendaftarkan bakal calegnya di hari-hari terakhir, tentu saja itu pekerjaan KPU akan menumpuk," pungkasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More