Target Merdeka Sinyal 2020 Butuh Komitmen Pemda

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 11:10 WIB Humaniora
Target Merdeka Sinyal 2020 Butuh Komitmen Pemda

Ilustrasi

BADAN Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar rapat koordinasi bersama 26 pemerintah provinsi yang meliputi 128 kabupaten dari 4.005 desa yang belum terjangkau sinyal seluler di Indonesia.

Dalam rakor yang digelar sejak Senin (9/7) hingga Rabu (11/7) kemarin itu, Direktur Utama Bakti Anang Latif menekankan komitmen pemerintah daerah amat dibutuhkan dalam penyediaan layanan sinyal seluler dan akses internet. 

Kajian dari Kemenkominfo memetakan terdapat 7.480 desa di Tanah Air yang masih belum terhubung sinyal seluler. Hampir 5.000 desa yang belum menikmati sinyal seluler tersebut ialah desa terpencil, terdepan dan terluar (3T).

"Komitmen pemda khususnya untuk penyediaan lahan sangat penting dalam program pembangunan BTS. Hal itu paralel dengan pemenuhan Peraturan Presiden No 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019 dan pengusulan lokasi BTS oleh pemda," kata Anang.

Model bisnis penyediaan BTS di daerah 3T mewajibkan pemda menyediakan lahan seluas 20x20 meter persegi untuk instalasi BTS. Adapun sumber dana berasal dari Kewajiban Pelaksanaan Universal (universal service obligation/USO) yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak yang bersumber dari 1,25% pendapatan seluruh penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia.

Kemenkominfo menargetkan aksesibilitas telekomunikasi di seluruh Indonesia pada 2020. Seluruh desa diharapkan dapat menikmati layanan seluler atau internet.

Desa-desa tersebut nantinya akan dihubungkan secara bertahap melalui teknologi satelit, serat optik, dan microwave serta transisi dan migrasi antarteknologi tersebut dengan mempertimbangkan konektivitas jaringan yang tersedia.

"Potensi ekonomi digital sangat besar namun belum dapat dinikmati mayoritas masyarakat Indonesia, terutama di daerah 3T," imbuh Anang.

Direktur Penyediaan Infrastruktur Bakti, Dhia Anugrah Febriansyah, menuturkan hingga saat ini, pihaknya telah membangun 855 BTS yang tersebar di wilayah 3T. Pihaknya bakal mengebut pembangunan di 4.005 desa hingga 2020. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More