Dunia Rayakan Operasi SAR Thailand

Penulis: AFP/CNN/Ant/Ire/Sat/X-11 Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 07:30 WIB Internasional
Dunia Rayakan Operasi SAR Thailand

AFP
JALANI PERAWATAN: Anak-anak anggota tim sepak bola Wild Boars tengah menjalani perawatan di rumah sakit di Chiang Rai, Thailand, kemarin. Sebanyak 12 anak laki-laki bersama seorang pelatih sepak bola mereka yang terperangkap di gua yang tergenang akhirnya

KESUKSESAN tim SAR multinegara dalam menyelamatkan 12 remaja Thailand berikut seorang pelatih sepak bola mereka yang terjebak di gua mengundang pujian dari warga Thailand. Para tokoh dunia dan pesepak bola terkenal juga ikut mengucapkan selamat.

Operasi SAR yang mencekam dan sulit itu selesai pada Selasa (10/7) setelah empat anak terakhir dan pelatih mereka keluar dari gua. Sebelumnya, para anggota tim Wild Boars itu sudah terperangkap selama 18 hari di Gua Tham Luang.

Upaya penyelamatan mereka segera mendominasi berita utama di Thailand. "Semua Wild Boars Selamat," tulis satu judul berita. "Hooyah! Tugas Selesai," kata judul lain, menggemakan seruan dari tim SEAL angkatan laut Thailand yang ikut dalam operasi penyelamatan.

Kemarin, ratusan anak sekolah Thailand berkumpul di luar Rumah Sakit Chiang Rai yang merawat ke-13 orang itu. Mereka bersama-sama menyanyikan kidung pujian kepada semua anggota SAR.

Sementara itu, rekan-rekan sekelas dari salah seorang remaja, Pheeraphat Sompiengjai, berjanji akan merayakan ulang tahun kawannya itu dengan meriah jika Pheeraphat sudah sembuh. Ulang tahun Pheeraphat memang bertepatan dengan saat tim SAR memasuki Gua Tham Luang.

Meski berhari-hari terjebak di gua gelap dan lembap, kondisi para remaja berusia 11 hingga 16 tahun itu relatif sehat. Namun, berat badan mereka rata-rata turun dua kilogram. "Mereka tetap kompak dan saling membantu," ujar seorang pejabat kesehatan Thailand, yang ikut memuji peran sang pelatih, Ekkapol Chantawong, 25, dalam menjaga semangat.

Selain Presiden AS Donald Trump dan pebisnis teknologi Elon Musk, bintang sepak bola Lionel Messi dan Paul Pogba ikut memuji. Pogba malah mendedikasikan kemenangan tim negaranya di Piala Dunia 2018 kepada mereka. "Selamat, kalian sungguh kuat," ujar Pogba di akun media sosialnya.

Sayangnya, ke-13 orang itu tidak bisa memenuhi undangan FIFA untuk menghadiri final piala dunia di Moskow karena alasan medis. Namun, jika sudah sehat, mereka bisa menonton pertandingan Liga Spanyol atas undangan pengurus La Liga. (AFP/CNN/Ant/Ire/Sat/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More