Inovasi untuk Awetkan Stroberi

Penulis: (Ant/H-2) Pada: Rabu, 11 Jul 2018, 22:50 WIB Humaniora
Inovasi untuk Awetkan Stroberi

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

INOVASI terbaru yang dihasilkan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang bisa untuk mengawetkan atau memperlambat proses pembusukan terhadap stroberi.

Alat pengawet bernama Zenfon itu menggunakan ozon yang dihasilkan dengan listrik tegangan tinggi. Ozon yang bersifat disinfektan itu mampu mereduksi jumlah bakteri penyebab pembusukan pada stroberi.

Salah satu mahasiswa anggota tim peneliti Zenfon, Gigih Widyawantoro, menjelaskan ide untuk meneliti sekaligus menghasilkan Zenfon tersebut berawal dari kondisi stroberi yang bernutrisi tinggi tapi cepat membusuk sehingga kerap merugikan petani buah itu maupun konsumen.

"Saat ini penanganan stroberi segar masih konvensional, hanya dimasukkan kulkas tanpa pre-treatment, sehingga buah cepat mengalami kerusakan. Dengan Zenfon ini, buah tidak mudah rusak," kata Gigih.

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More