Inovasi untuk Awetkan Stroberi

Penulis: (Ant/H-2) Pada: Rabu, 11 Jul 2018, 22:50 WIB Humaniora
Inovasi untuk Awetkan Stroberi

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

INOVASI terbaru yang dihasilkan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang bisa untuk mengawetkan atau memperlambat proses pembusukan terhadap stroberi.

Alat pengawet bernama Zenfon itu menggunakan ozon yang dihasilkan dengan listrik tegangan tinggi. Ozon yang bersifat disinfektan itu mampu mereduksi jumlah bakteri penyebab pembusukan pada stroberi.

Salah satu mahasiswa anggota tim peneliti Zenfon, Gigih Widyawantoro, menjelaskan ide untuk meneliti sekaligus menghasilkan Zenfon tersebut berawal dari kondisi stroberi yang bernutrisi tinggi tapi cepat membusuk sehingga kerap merugikan petani buah itu maupun konsumen.

"Saat ini penanganan stroberi segar masih konvensional, hanya dimasukkan kulkas tanpa pre-treatment, sehingga buah cepat mengalami kerusakan. Dengan Zenfon ini, buah tidak mudah rusak," kata Gigih.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More