Menristekdikti Dorong Riset Kesehatan Hewan

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Rabu, 11 Jul 2018, 21:25 WIB Humaniora
Menristekdikti Dorong Riset Kesehatan Hewan

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

MENTERI Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir meresmikan gedung baru Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (11/7).

Dalam sambutannya, Menristekdikti mengatakan, perhatian terhadap kesehatan hewan semakin tinggi, terutama kesehatan hewan peliharaan dan hewan yang dikonsumsi manusia karena tidak sedikit penyakit dari hewan dapat menular kepada manusia.

"Kehadiran Rumas Sakit Hewan Pendidikan ini sangat penting bagi peningkatan kualitas pendidikan dan riset bagi mahasiswa dan dosen kedokteran hewan di Universitas Airlangga. Saya harap dengan kehadiran rumah sakit hewan ini, riset dan publikasi ilmiah di bidang kesehatan hewan akan semakin meningkat," ujarnya.

Nasir menambahkan, lulusan pendidikan kedokteran hewan memegang peranan penting menjaga masyarakat agar tidak mengonsumsi hewan yang memiliki penyakit, seperti penyakit mulut dan kuku.

Selain itu, dia berpesan agar lulusan pendidikan kedokteran hewan dari Unair agar mampu mempersiapkan diri dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Di akhir sambutannya, Menristekdikti mengharapkan adanya inovasi di bidang pelayanan publik di Rumah Sakit Hewan Pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga memiliki berbagai macam fasilitas, antara lain Unit Bedah dan Radiologi, Unit Acupressure, Unit Stem Cell, unit Konsultasi Pakan dan kesehatan, Unit Laboratorium, Unit Hematologi, Unit Farmasi Klinis, Unit Rawat Inap dan Titip Sehat, Unit Kolam Renang dan Hidro Teraphy, Unit Pelayanan datang ke rumah (house calling).

Rumah sakit juga dilengkapi beragam pendukung diagnosis modern, seperti USG, serta Rontgen. Berbagai Pelayanan juga disediakan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga yaitu Konsultasi kesehatan hewan, pemeriksaan untuk hewan sakit, pelayanan vaksinasi, pelayanan bedah minor dan mayor, radiologi, pemeriksaan darah, serta grooming. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More