PM Abe Kunjungi Korban Banjir

Penulis: Antara Pada: Rabu, 11 Jul 2018, 20:20 WIB Internasional
PM Abe Kunjungi Korban Banjir

AFP PHOTO / Martin BUREAU

PERDANA Menteri Shinzo Abe mengunjungi wilayah banjir Jepang pada Rabu (11/7) saat korban tewas akibat bencana cuaca terburuk dalam 36 tahun itu mencapai 176 dan kekhawatiran kesehatan meningkat di tengah panas menyengat dan ancaman banjir baru.

Hujan deras mengakibatkan banjir dan longsor di Jepang bagian barat pada pekan lalu, membawa kematian dan kehancuran, khususnya ke lingkungan yang dibangun beberapa dasawarsa lalu di dekat lereng curam.

Setidak-tidaknya 176 orang tewas, kata pemerintah, dengan puluhan orang hilang dalam bencana cuaca terburuk di Jepang sejak 1982 itu.

Abe, yang membatalkan perjalanan ke luar negeri untuk menangani bencana itu, dikritik setelah foto di Twitter menunjukkan Abe dan menteri pertahanannya berada di pesta dengan anggota parlemen, tepat ketika hujan semakin deras.

Setelah mengamati kerusakan dari helikopter yang terbang di atas Okayama, salah satu daerah yang paling terkena dampak bencana, Abe mengunjungi pusat evakuasi yang padat. Dia berjongkok di lantai untuk berbicara dengan orang-orang, banyak dari mereka yang sudah lanjut usia, dan bertanya tentang kesehatan mereka. Dia menggenggam tangan seseorang saat mereka berbicara.

Abe bersiap untuk terpilih kembali sebagai pemimpin partai pada September dan telah melihat peringkat popularitasnya kembali naik setelah mengatasi skandal kronisme awal tahun ini. Pemerintahnya menjanjikan US$4 miliar untuk pemulihan bencana pada Selasa (10/7), dan anggaran khusus nanti jika diperlukan.

Regu penyelamat menghadapi matahari yang menyengat saat mereka menyisir tumpukan kayu dan lumpur tebal dalam pencarian mayat, dibantu oleh anjing pelacak. Dalam beberapa kasus, hanya fondasi rumah yang tersisa saat penyelamat memotong puing-puing dengan gergaji mesin.

"Adik laki-lakiku masih belum ditemukan. Kami sekeluarga datang ke sini untuk menunggu giliran," kata seorang wanita kepada televisi NHK sambil mengawasi reruntuhan yang tertutup tanah longsor.

Dengan suhu 33 derajat Celcius atau lebih tinggi yang diprediksi untuk daerah yang hancur di Prefektur Okayama dan Hiroshima, perhatian beralih pada mencegah serangan panas di antara pekerja penyelamat dan di pusat-pusat evakuasi, di mana ribuan orang mencari perlindungan.

Orang duduk bersila di tikar tipis di lantai sasana kebugaran, kantong plastik berisi barang ditumpuk di sekitar mereka dan tempat tidur dilipat ke samping. Kipas jinjing menyala perlahan, sementara anak-anak menangis. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More