Produk dan Inovasi Baru Siap Pamer di GIIAS 2018

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Kamis, 12 Jul 2018, 01:30 WIB Otomotif
Produk dan Inovasi Baru Siap Pamer di GIIAS 2018

MI/RAMDANI

PERHELATAN pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, 2-12 Agustus mendatang menjadi momen penting bagi industri otomotif nasional. Selain sejumlah peluncuran produk baru, ajang tahunan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) itu juga jadi arena pameran inovasi mobilitas terkini.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, GIIAS 2018 akan menjadi salah satu momentum untuk industri otomotif nasional yang hingga pertengahan tahun ini sudah menjual sekitar 555 ribu unit kendaraan. Gaikindo memprediksi, penjualan kendaraan bisa mencapai 1,11 juta unit hingga akhir tahun ini.

"GIIAS 2018 juga jadi momen istimewa karena rencananya akan ada dua acara penting di dalamnya, yaitu deklarasi yang menandai Indonesia memasuki era Euro4, dan pemerintah berencana meluncurkan Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes)," kata Yohannes kepada pers di Jakarta, Selasa (10/7).

Ia menambahkan, inovasi teknologi dalam GIIAS 2018 yang mengusung tema beyond mobility tersebut diwujudkan dalam area yang menampilkan sebuah evolusi kendaraan bermotor, dari sekadar alat transportasi, menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

Agus Riyadi, Presiden Direktur Seven Event, penyelenggara GIIAS mengatakan, inovasi teknologi tersebut akan ditampilkan lima agen pemegang merek (APM) melalui revolusi teknologi mobilitas yang mereka buat. Namun, Agus enggan memberi bocoran lebih lanjut mengenai teknologi yang akan dipamerkan dalam GIIAS. "Tunggu saja tanggal mainnya," ujarnya.

Adapun penyelenggaraan GIIAS 2018 juga akan disemarakkan lebih dari 40 produk otomotif baru, mulai peluncuran perdana hingga mobil konsep. Di kategori sepeda motor yang diikuti 11 APM juga akan meluncur delapan sepeda motor anyar untuk publik Indonesia.

Rahasia
Meski demikian, sejumlah APM yang memaparkan kesiapannya mengikuti GIIAS 2018 enggan merinci produk anyar maupun kendaraan konsep yang akan mereka usung di pameran nanti. Mereka beralasan, produk tersebut merupakan bagian dari kejutan untuk perhelatan GIIAS 2018.

Head of PR Strategic Planning PT Toyota Astra Motor Dwi Apriani Astuti mengatakan, di ajang GIIAS pihaknya akan ikut menampilkan kendaraan elektrik yang diproduksi untuk beberapa pasar di luar negeri. "Yang pasti kami siapkan kejutan dari sisi produk dan program selama GIIAS 2018," katanya.

Public Relations Manager PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfili juga belum mau buka suara mengenai rencana peluncuran global (world premiere) yang akan dilakukan pihaknya pada GIIAS 2018. "Jangan sampai saya justru bocorin di sini, bisa-bisa saya bukan di Honda lagi ketika GIIAS berlangsung," kelakarnya.

Geliat produk baru dan kendaraan konsep bukan hanya milik APM di segmen kendaraan penumpang. Sejumlah APM kendaraan komersial yang ikut pameran juga menyiapkan produk baru dan kendaraan konsep untuk mendukung sektor industri di Indonesia.

Head of Public Relation PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Puja Hatigoran, mengatakan pihaknya akan menampilkan satu kendaraan konsep yang diboyong langsung dari Jepang pada GIIAS 2018. Ia pun masih tutup mulut mengenai bentuk dan jenis kendaraan konsep tersebut. (S-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More