1893: Mutiara Budi Daya Pertama

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Rabu, 11 Jul 2018, 09:10 WIB Humaniora
1893:  Mutiara Budi Daya Pertama

wikipedia

PENYUKA mutiara mungkin harus berterima kasih pada Mikimoto Kokichi yang telah menemukan teknik produksi mutiara budi daya. Pada 1888, Mikimoto meminjam uang untuk memulai bisnis ladang mutiara pertamanya bersama dengan istri serta rekannya, Ume.

Pada 11 Juli 1893, setelah melakukan banyak kesalahan disertai kondisi usaha yang hampir bangkrut, ia berhasil menciptakan mutiara budi daya pertamanya yang berbentuk semibulat. Ia memperkenalkan mutiara itu pada pameran hasil laut di Norwegia pada 1897 dan kemudian memulai bisnis ekspor mutiara buatan. Akan tetapi, butuh waktu 12 tahun untuk menciptakan mutiara buatan yang benar-benar bulat dan tidak dapat dibedakan dengan mutiara asli yang berkualitas tinggi sekalipun.

Pada 1899, toko mutiara pertama milik Mikimoto didirikan di Ginza, Tokyo. Bisnis itu berkembang dengan cepat dan Mikimoto mampu mendirikan cabang-cabang lain di London, Paris, New York, Chicago, Los Angeles, San Francisco, Shanghai, dan Bombai. Sebelum kematiannya pada 21 September 1954, Mikimoto dianugerahi penghargaan Order of Merit kelas pertama oleh pemerintah Jepang.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More