1811: Hukum Avogadro Dipublikasikan

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Rabu, 11 Jul 2018, 09:00 WIB Humaniora
1811:  Hukum Avogadro Dipublikasikan

wikipedia

PANGERAN Lorenzo Romano Amedeo Carlo Avogadro di Quaregna e Cerreto ialah ilmuwan asal Italia. Ia merupakan orang yang mencetuskan hukum
Avogadro. Hukum Avogadro atau hipotesis Avogadro atau prinsip Avogadro merupakan hukum gas yang diberi nama sesuai dengan namanya.

Pada 11 Juli 1811, ia mengajukan hipotesis bahwa gas-gas yang memiliki volume yang sama pada temperatur dan tekanan yang sama memiliki jumlah partikel yang sama pula. Ia berhasil mengemukakan dua buah pemikiran yang dapat menjelaskan hasil eksperimen Joseph Gay-Lussac pada 1811. Hasil hipotesisnya mematahkan teori atom John Dalton tentang partikel unsur.

Namun, orang pada zamannya tidak membenarkan hipotesisnya karena ia tidak dapat membuktikannya lewat eksperimen. Orang baru menerima hipotesisnya dan menganggapnya sebagai hukum setelah ada ilmuwan lain berhasil
mengemukakan daftar massa atom yang diperoleh melalui hipotesisnya.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More