1811: Hukum Avogadro Dipublikasikan

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Rabu, 11 Jul 2018, 09:00 WIB Humaniora
1811:  Hukum Avogadro Dipublikasikan

wikipedia

PANGERAN Lorenzo Romano Amedeo Carlo Avogadro di Quaregna e Cerreto ialah ilmuwan asal Italia. Ia merupakan orang yang mencetuskan hukum
Avogadro. Hukum Avogadro atau hipotesis Avogadro atau prinsip Avogadro merupakan hukum gas yang diberi nama sesuai dengan namanya.

Pada 11 Juli 1811, ia mengajukan hipotesis bahwa gas-gas yang memiliki volume yang sama pada temperatur dan tekanan yang sama memiliki jumlah partikel yang sama pula. Ia berhasil mengemukakan dua buah pemikiran yang dapat menjelaskan hasil eksperimen Joseph Gay-Lussac pada 1811. Hasil hipotesisnya mematahkan teori atom John Dalton tentang partikel unsur.

Namun, orang pada zamannya tidak membenarkan hipotesisnya karena ia tidak dapat membuktikannya lewat eksperimen. Orang baru menerima hipotesisnya dan menganggapnya sebagai hukum setelah ada ilmuwan lain berhasil
mengemukakan daftar massa atom yang diperoleh melalui hipotesisnya.

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More