1925: Pengadilan Scopes

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Selasa, 10 Jul 2018, 03:30 WIB On This Day
1925: Pengadilan Scopes

WIKIPEDIA

PENGADILAN Scopes atau juga dikenal sebagai 'pengadilan monyet' merujuk ke tindakan hukum yang diselenggarakan pengadilan kriminal di Dayton, Tennessee, pada 10 Juli 1925.

Tujuan pengadilan itu ialah untuk menguji materi UU Butler di setiap pembukaan sekolah yang dibiayai negara di Tennessee.

Pada 21 Januari 1925, anggota Dewan Perwakilan Tennessee, John Washington Butler, memperkenalkan RUU No 185 ke DPR. Isinya melarang pengajaran teori evolusi. RUU itu disahkan Gubernur Jenderal Austin Peay dua bulan kemudian.

Namun, American Civil Liberties Union menawarkan untuk membela siapa pun yang didakwa bersalah mengajarkan teori evolusi.

George Washington Rappleyea yang mengelola beberapa pertambangan lokal, meyakinkan sekelompok pengusaha di Dayton bahwa kontroversi, seperti pengadilan, akan memberi Dayton publisitas yang dibutuhkan.

Ia mengundang sahabatnya, John Scopes, seorang pelatih sepak bola di Clark County High School, dan memintanya mengajarkan teori evolusi. Scopes bersedia. Ia bahkan melibatkan diri dan meminta muridnya memberikan kesaksian.

Pada 24 April, ia dituntut setelah tiga murid memberikan kesaksian. Pada 7 Mei, ia dikenai tuduhan telah melanggar UU Butler. Ia dijatuhi denda sebesar US$100.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More