Durian Otak Udang di Katingan Kalahkan Musang King

Penulis: (Surya Sriyanti/N-1) Pada: Senin, 09 Jul 2018, 01:00 WIB Nusantara
Durian Otak Udang di Katingan Kalahkan Musang King

MI/SURYA SRIYANTI

DARI banyak varian buah durian asal Kalteng, mungkin durian asal Kabupaten Katingan inilah yang paling dicari penikmat buah beraroma khas ini. Tak seperti durian pada umumnya yang berwarna buah putih kekuningan, durian otak udang ini berwarna orange, cenderung merah.

Namun, bukan perkara mudah mendapatkan jenis yang satu ini. Selain tergolong langka, saat ini per satu buah dibanedrol dengan harga Rp150 ribu. Tak jarang untuk mendapatkannya, Anda juga harus pesan terlebih dulu (inden).

Sunardi, 30, petani durian asal Desa Kuluk Bali, Kecamatan Pulau Malan, Kabupaten Katingan, kemarin mengatakan durian jenis ini terkenal dan banyak sekali permintaan. Bahkan, untuk mendapatkan buah buruan, mereka siap membeli dengan berapa pun harga yang ditawarkan petani.

Durian jenis otak udang punya ciri khas. Biasanya batang pohonnya tegak lurus tanpa dahan di kiri-kanan dan daunnya lebih kecil serta buahnya tidak banyak. Buahnya berkulit lebih tipis dengan duri-durinya berwarna keemasan. Daging buahnya lebih tebal serta bijinya tergolong kecil.

Tarik, Kepala Desa Kuluk Bali, menambahkan keberadaan durian otak udang ini sesungguhnya sudah lama di Kabupaten Katingan, tapi mulai terkenal semenjak banyak orang memburunya. Masyarakat setempat menyebutnya 'durian undang' (udang, dalam bahasa Indonesia).

"Ini karena warna dagingnya orange seperti warna udang yang baru direbus. Seiring waktu dan untuk lebih mudah penyebutannya disebutlah durian otak udang," ujarnya. Saat ini, diakui Tarik, durian jenis ini belum dibudidayakan dan tumbuhan liar di kebun warga. Tarik berharap pemerintah membantu membudidayakannya karena durian jenis ini hampir punah.

Wuryanto, penikmat durian, mengatakan selalu memesannya baik lewat pedagang atau teman bank lain. Kepala Perwakilan BI Kalteng ini mengakui rasa durian itu lebih lezat daripada durian musang king yang sudah terkenal itu. Rasanya seperti perpaduan mentega, susu, dan keju. "Tekstur buahnya sangat lembut, dagingnya tebal, dan yang menarik warnanya orange kemerahan-merahan," pungkasnya.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More