Macam Gerakan Dasar

Penulis: FD/M-2 Pada: Minggu, 08 Jul 2018, 06:20 WIB Weekend
Macam Gerakan Dasar

MI/PIUS ERLANGGA

Berikut 4 teknik dasar yang dipraktikkan di kelas boom.

1. Gerakan jab

Teknik jab yaitu membuat pukulan cepat dengan kepalan tangan. Secara detail fungsi dari jab bisa menguatkan otot tangan dan melancarkan aliran darah di sekitarnya. Dalam satu sesi latihan, gerakan jab tak pernah dilewatkan, kemudian dikombinasikan dengan teknik boxing dasar lainnya.

2. Gerakan cross

Teknik cross merupakan gerakan pukulan keras yang dilemparkan ke arah lawan. Teknik ini melibatkan tangan arahnya dari belakang siku. Kemudian, kaki mengambil teknik kuda-kuda. Saat melakukan gerakan tersebut, melibatkan kerja bahu yang maksimal.

3.Gerakan hook

Teknik hook yaitu pukulan pendek yang dilakukan dengan gerakan melingkar, kemudian bagian lengan tekuk pada sudut 90 derajat. Dasarnya gerakan ini melibatkan gerakan perut, pinggang, bahu, dan tangan. Kemudian, saat melakukan tekniknya dengan pukulan menyamping.

4.Gerakan uppercut

Teknik uppercut yaitu pukulan berayun mengarah ke atas, melibatkan panggul, perut samping, upper bahu, dan telapak tangan. Yang pasti teknik ini sangat menguntungkan. Anda bisa membakar lemak di sekitar perut yang mengganggu penampilan.

Manfaat Boxing

1. Melatih kekuatan otot

Umumnya gerakan boxing melibatkan telapak tangan, bahu, lengan, pinggang, punggung, pinggul, perut, dan kaki. Semua area tersebut bergerak cukup kuat sehingga mampu mengendalikan otot-otot dengan sempurna. Bahkan, kekuatan itu menjadi lebih kuat saat melakukan aktivitas fisik lainnya sehingga bisa membentuk otot tubuh dengan sempurna jika dilakukan rutin.

2. Membakar kalori tubuh

Boxing salah satu olahraga yang paling ampuh membakar kalori tubuh, terutama bisa membakar lemak di sekitar perut. Tentunya berat badan terlihat ideal dan tidak kegemukan. Tubuh jadi sehat dan pola makan teratur.

3. Meningkatkan kardiovaskular

Ketika melakukan latihan boxing, denyut jantung meningkat dengan frekuensi wajar. Bila terus-menerus latihan ini dipraktikkan, kekuatan otot jantung jadi baik. Bahkan, bisa mencegah risiko penyumbatan darah di sekitar jantung.

4. Menambah konsentrasi

Saat latihan boxing, koordinasi pikiran dan fokus penglihatan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, akan bermanfaat dalam menyelesaikan pekerjaan dan lebih fokus, bila mempraktikkan boxing karena selama 45 menit dituntut untuk fokus latihan dengan pandangan satu arah.

5. Sebagai proteksi diri

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More