Pastor Asal NTT Terpilih jadi Superior Geneval SVD

Penulis: MICOM Pada: Jumat, 06 Jul 2018, 18:28 WIB Humaniora
Pastor Asal NTT Terpilih jadi Superior Geneval SVD

Ist

PASTOR Paul Budi Kleden SVD, terpilih menjadi Superior General Societas Verbi Divini (SVD) atau Pemimpin Umum Serikat Sabda Allah di seluruh dunia. Pria asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut terpilih menggantikan imam asal Jerman, Heinz Kulueke, yang juga merupakan orang kedua dari Asia yang menduduki jabatan itu.

Anak kelima dari Petrus Sina Kleden (alm) dan Dorotea Sea Halan ini akan memimpin kongregasi selama 6 tahun hingga 2024 terhitung sejak terpilih pada Rabu (4/7) kemarin. Sebelumnya, ia pernah menduduki posisi anggota dewan provinsi SVD Ende pada tahun 2005-2008 dan wakil provinsial selama satu tahun. Hingga pada tahun 2011, ia diangkat menjadi Direktur Program Pasca Sarjana di Ledalero. Namun, posisi itu kemudian ia tinggalkan setelah setahun kemudian dan pindah ke Roma karena dipilih menjadi anggota dewan jenderal SVD.

Berbagai tanggapan pun muncul saat mengetahui kabar pemilihannya sebagai Superior General SVD. Salah satunya datang dari Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM, teman kelas Pastor Paul selama menjalani studi doktoral bidang teologi sistematik di Albert Ludwig's University, Jerman. Uskup Adrianus menyebut, penunjukannya sebagai Superior General SVD bukan sesuatu yang mengejutkan mengingat kemampuan yang dimiliki oleh Pastor Paul.  “Ia (memiliki) banyak talenta, tekun, pandai, juga suka mencari ide-ide yang baru,” ungkap uskup yang ditahbiskan 23 september 2017 lalu itu.

Salah satu mantan mahasiswanya, Florianus Geong menggambarkan bagaimana Pastor Paul sangat dekat dengan mereka, tidak hanya di bangku kuliah. Menurutnya, Pastor Paul adalah sosok yang rendah hati dan dekat dengan para mahasiswa. Selain itu, ia menyebut Pastor Paul sebagai pastor teladan yang hidupnya patut dicontoh.

“Ia selalu memotivasi dan rendah hati mendengarkan keluhan serta berdiskusi dengan para mahasiswa. Kamarnya tak pernah sepi. Selalu ramai oleh mahasiswa yang datang berdiskusi atau meminjam buku, juga hanya untuk menghabiskan jagung,” lanjut Flori.

Dengan tugasnya yang dipercayakan kepadanya kini, Pastor Paul memimpin lebih dari 6.000 anggota SVD yang tersebar di seluruh dunia. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More