Rumah Kuno Dekat Piramida Giza

Penulis: Livescience/Ire/X-7 Pada: Rabu, 04 Jul 2018, 07:20 WIB Humaniora
Rumah Kuno Dekat Piramida Giza

Duta

PARA arkeolog menemukan dua rumah kuno di dekat piramida Giza di Mesir. Rumah itu diperkirakan sebagai tempat pejabat yang bertanggung jawab mengawasi produksi makanan untuk pasukan paramiliter pada lebih dari 4.500 tahun lalu. Direktur Ancient Egypt Research Associates, organisasi yang melakukan penggalian, Mark Lehner, meyakini kedua tempat tinggal itu terletak di tempat yang pada dasarnya pelabuhan nasional di masanya.

Pelabuhan itu ialah pelabuhan kuno di Giza yang berkembang pada saat piramida Menkaure, firaun dari 2490 SM sampai 2472 SM, sedang dibangun. Salah satu struktur rumah menunjukkan pejabat bertugas mengawasi pasokan ternak dan penyembelihan, sedangkan rumah sebelahnya ditempati wadaat, lembaga Mesir Kuno yang pendetanya menjadi pejabat tinggi pemerintahan. Kediaman wadaat menyatu dengan struktur yang diyakini digunakan untuk pembuatan bir dan pemanggang saat itu. "Kedua tempat tinggal itu terletak di dekat serangkaian galeri yang dapat menampung lebih dari 1.000 orang," kata Lehner, kemarin. (Livescience/Ire/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More