Rumah Kuno Dekat Piramida Giza

Penulis: Livescience/Ire/X-7 Pada: Rabu, 04 Jul 2018, 07:20 WIB Sela
Rumah Kuno Dekat Piramida Giza

Duta

PARA arkeolog menemukan dua rumah kuno di dekat piramida Giza di Mesir. Rumah itu diperkirakan sebagai tempat pejabat yang bertanggung jawab mengawasi produksi makanan untuk pasukan paramiliter pada lebih dari 4.500 tahun lalu. Direktur Ancient Egypt Research Associates, organisasi yang melakukan penggalian, Mark Lehner, meyakini kedua tempat tinggal itu terletak di tempat yang pada dasarnya pelabuhan nasional di masanya.

Pelabuhan itu ialah pelabuhan kuno di Giza yang berkembang pada saat piramida Menkaure, firaun dari 2490 SM sampai 2472 SM, sedang dibangun. Salah satu struktur rumah menunjukkan pejabat bertugas mengawasi pasokan ternak dan penyembelihan, sedangkan rumah sebelahnya ditempati wadaat, lembaga Mesir Kuno yang pendetanya menjadi pejabat tinggi pemerintahan. Kediaman wadaat menyatu dengan struktur yang diyakini digunakan untuk pembuatan bir dan pemanggang saat itu. "Kedua tempat tinggal itu terletak di dekat serangkaian galeri yang dapat menampung lebih dari 1.000 orang," kata Lehner, kemarin. (Livescience/Ire/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More