1826: Dua Presiden AS Wafat

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Rabu, 04 Jul 2018, 07:05 WIB Humaniora
1826:  Dua Presiden AS Wafat

wikipedia

PADA 4 Juli 1826, dua mantan Presiden Amerika Serikat, Thomas Jefferson dan John Adams, meninggal pada hari yang sama dan hanya berselang 5 jam.

Kedua pria tersebut termasuk pejuang revolusioner terakhir yang selamat dan berhasil mengalahkan Inggris serta menempa sistem politik baru di negara yang dulu menjadi koloni tersebut. Akan tetapi, walaupun keduanya mendukung demokrasi dan kebebasan, pendapat mereka mengenai cara mencapainya berbeda.

Adams ialah orang yang terlebih dahulu menjabat presiden Amerika Serikat (1797-1800), sedangkan Jefferson sebagai wakilnya. Selama kerja sama tersebut berlangsung, perbedaan keduanya terlihat jelas. Adam ialah orang yang percaya pada pemerintahan terpusat yang kuat, sedangkan Jefferson condong pada pemerintahan federal.

Akan tetapi, keduanya memiliki kesamaan dalam hal wafat. Pada 4 Juli 1826 dalam usia 90 tahun, Adams mengembuskan napas terakhir saat seluruh negeri sedang merayakan hari kemerdekaan. Kata-kata terakhirnya ialah ‘Jefferson masih akan tetap bertahan’. Namun, ia salah sebab 5 jam sebelumnya, Jefferson telah mendahului, wafat dalam usia 82 tahun di Monticello.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More