69 TPS Lakukan PSU Hingga Hari Ini

Penulis: Nurjiyanto Pada: Minggu, 01 Jul 2018, 19:43 WIB Politik dan Hukum
69 TPS Lakukan PSU Hingga Hari Ini

MI/SOLMI

KETUA Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengunkapkan bahwa proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilakukan di 69 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah dilaksana mulai dari kemarin sampai dengan hari ini.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh panwaslu setiap daerah dikarenakan ditemukan adanya ketidaksesuaian penyelenggaraan pemungutan suara sesuai peraturan yang berlaku.

"Kami belum menerima laporan detailnya dari seluruh daerah. Tapi mulai dari kemarin sampai dengan hari ini proses itu sudah dijalankan, data yang masuk ke kita hanya terjadi PSU di 69 TPS," ujarnya saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (1/7).

Dirinya mengungkapkan PSU tersebut diakukan karena adanya beberapa temuan kecacatan baik dalam hal pembukaan kotak suara pemilih seperti dibuka sebelum rapat pemungutan suara di TPS serta adanya penggunaan pemilih hak pilih oleh pemilih dari luar daerah pemilihan tanpa dapat menyertakan formulir model A5.

"Mohon di pahami namanya pemungutan suara itu terjadi hanya di TPS yang jumlahnya ada 69 dari total secara nasional itu lebih dari 387000 TPS," katanya.

Ditempat yang sama Komisioner KPU Ilham Saputra menerangkan bahwa dalam penyelengaraan PSU di 69 TPS tersebut berjalan dengan lamcar dan tidak menemui kendala yang berarti. Pasalnya, dari segi logistik surat suara pun sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari sebagak bentuk antisipasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Terkait logistik sudah memang sudah disediakan. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala," jelasnya.

Sebelumnya, KPU mencatat ada 69 tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada Serentak 2018 di tingkat provinsi yang harus melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Sebanyak 69 TPS itu tersebar di 26 kabupaten/kota di 10 provinsi.

Ke 69 TPS yang harus melakukan pemungutan suara ulang tersebut tersebar di provinsi Sulawesi Tengah (1 TPS), Riau (2 TPS), Jawa Timur (5 TPS), Banten (2 TPS), Jawa Barat (2 TPS), Papua (1 TPS), Sulawesi Barat (1 TPS), Kalimantan Selatan (1 TPS). Sementara dua provinsi yang paling banyak harus melakukan pemungutan suara ulang adalah Sulawesi Tenggara (43 TPS) dan Nusa Tenggara Timur (11 TPS). (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More