Seni Memasangkan Kopi

Penulis: Rin Pada: Sabtu, 30 Jun 2018, 23:30 WIB Weekend
Seni Memasangkan Kopi

MI/SUMARYANTO

MENIKMATI kopi tentunya akan lebih pas bila ada pasangannya. Orang Indonesia biasanya menyeruput kopi berteman pisang goreng.

Ternyata memasangkan kopi dengan makanan alias coffee pairing, punya teknik tersendiri. Bila dikombinasikan dengan tepat, coffee pairing dapat meningkatkan rasa dari kopi itu sendiri.

"Coffee pairing itu sebenarnya untuk explore keunikan kombinasi rasa antara food dan beverage. Jadi, jenis makanan apa saja boleh dikombinasikan, bahkan buah, tapi memang kombinasi rasa makanan dan rasa kopi yang kontras bakal lebih familier rasanya," ujar Ganesha Lkg Sitanggang, District Coffee Master Starbucks, kepada Media Indonesia awal Juni.

Misalnya, kopi pahit dengan makanan manis akan membuat rasa kopi itu seimbang. Kopi sumatra Starbucks yang memiliki bodi yang berat bila dikombinasikan dengan cheese cake akan menonjolkan rasa kopi.

"Sumatra yang pahit dan bold dan cheese cake yang manis dan asin gurih bakal memberi tekstur yang creamy dan sweet," ujar Ganesha.

Namun, kopi juga bisa dipasangkan dengan rasa yang sama sehingga rasa kopi yang dihasilkan semakin kuat.

"Kaya (kopi) sumatra. Di Starbucks Sumatra rasanya ada herbal dan rempah. Bila dikombinasikan dengan makanan dengan rasa yang sama, misalnya, cinnamon rolls. Rasa kayu manis dari kuenya makin dikuatkan dengan rasa rempah dari kopinya," paparnya.

Kopi dan buah

Tidak hanya kue, kopi yang dipasangkan dengan buah juga pas. "Pada dasarnya kopi itu juga buah, makanya cocok kalau dikombinasikan dengan buah. Prinsipnya sama dengan makanan lain juga," ujarnya.

Misalkan lemon yang terkenal asam cocok dipasangkan dengan kopi yang memiliki tingkat asam yang rendah sehingga kopi yang dihasilkan lebih segar atau kopi yang berkarakter medium body dengan apel akan menghasilkan rasa yang manis dan sedikit asam.

Lebih lanjut, Ganesha mengungkapkan terkadang buah dijadikan sebagai gelas untuk menikmati kopi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh menjadi unik.

"Misalnya, kulit jeruk. Jeruknya dikorek dan kopinya dimasukkan ke dalamnya. Saat minum kopinya kita akan dapat sensasi baru dari kulit jeruk yang terkena dengan kopinya juga dengan aroma dari kulit jeruknya," tutupnya. Jadi, apa pasangan kopi yang Anda sukai?

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More