Sederhana tapi Kaya Rasa

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 30 Jun 2018, 23:00 WIB Weekend
Sederhana tapi Kaya Rasa

MI/ADAM DWI

TELUR balado, gulai daun singkong, mungkin makanan yang kerap Anda temui di sejumlah rumah makan sederhana. Namun, Anda harus mencoba kedua menu 'biasa' tersebut di restoran Gizzi di Gandaria City yang diracik khusus Chef Yuda Bustara. Tidak hanya telur balado dan gulai daun singkong saja, Chef Yuda Bustara juga menyajikan bakwan, ayam panggang, perkedel, sambal teri almond, maupun salmon taoco.

Rasanya sendiri jauh berbeda dengan makanan serupa yang kita beli di rumah makan pinggir jalan. Seperti telur balado yang dimasak setengah matang sehingga saat dipotong, kuning telurnya langsung meleleh. Rasanya tidak terlalu pedas, condong gurih dan terasa clean di lidah Anda.

Perbedaan juga terasa saat mencicipi gulai daun singkong. Di restoran ini gulainya terasa lebih gurih, creamy, dan legit. Meski hidangan ini biasanya menggunakan santan, Chef Yudha mengklaim gulai daun singkong racikannya lebih sehat karena tidak menggunakan santan, tetapi pengganti santan.

"Banyak sekali makanan sehat saat ini, tapi belum ada yang Indonesian food. Jadi kita buat makanan sehari-hari, tapi menyehatkan karena banyak orang yang tidak percaya makanan Indonesia itu sehat, makanya mereka makan salad. Di sini saya buat dengan tim bagaimana makanan Indonesia lebih sehat, lebih light (ringan), dan tidak enek setelah makan, karena biasanya makanan Indonesia ada santannya," jelas chef dari Gizzi, Yuda Bustara kepada Media Indonesia, pertengahan bulan Mei.

Cita rasa lebih ringan itu, kata Chef Yuda, didapatkan dari bumbu masak pengganti. Santan diganti dengan bahan pengganti santan (fiber creme). Karena tidak menggunakan MSG, Chef Yuda menggantinya dengan kaldu dari jamur. Minyak yang dipilih pun canola oil.

"Canola oil merupakan minyak yang terbuat dari biji canola dan canola oil itu kalau dimasak kolestrolnya paling rendah dari minyak lainnya," imbuh Chef Yuda.

Makanan lain yang wajib dicoba ialah bakwan sayuran. Tekstur luarnya renyah, tetapi moist di dalamnya. Rahasianya ialah bakwan dikukus terlebih dulu sebelum digoreng.

Coba juga brokoli bawang putih, tekstur brokolinya masih renyah dipadukan dengan bawang putih menciptakan rasa gurih yang menggugah selera. Kerenyahan juga bisa Anda dapatkan dari teri jengki goreng. Rasa teri ini tidak terlalu asin. Sementara itu, olahan teri lainnya, ada sambal teri almond. Rasa sambal ini sedikit manis, pedas, dan gurih.

Rasa yang menarik juga ditawarkan pada hidangan salmon taoco. Potongan daging ikan salmon yang lembut ini berpadu dengan bumbu khas Indonesia yang sedikit manis nan gurih.

Untuk minumannya, Gizzi menyediakan berbagai macam jenis jus dengan 2 pilihan, minim gula dan tanpa gula. Salah satu minuman yang wajib Anda coba ialah lemon charcoal, perasan lemon yang dipadukan dengan arang aktif. Rasanya sendiri tawar cenderung asam dan berkhasiat sebagai antioksidan bagi tubuh.

"Makanan sehat tidak harus selalu salad, makanan apa pun bisa menyehatkan asalkan diproses dengan cara yang baik," pungkasnya.

Pembagian kategori

Makanan yang dijual di Gizzi sendiri dikategorikan ke dalam 6 jenis. Karbohidratnya dibagi menjadi empat jenis, multigrain rice, mi goreng, nasi jeruk, dan ubi.

Di protein ada ayam panggang dada, salmon taoco, sapi enoki roll, udang bakar, dan lain sebagainya. Pembagian lainnya ialah suplemen pilihan, seperti telur balado, terong balado, brokoli bawang putih, gulai daun singkong, bakwan sayur, dan telur dadar Padang.

Di kategori topping ada pilihan teri jengki goreng, perkedel kentang, sambal teri almond, dan ikan shisamo. Berbagai pilihan sambal hadir di kategori chili, seperti sambal matah, sambal terasi, dabu-dabu, sambal jeruk pamelo, dan sambal daun jeruk. Kategori terakhir ialah add on, yaitu rempeyek.

"Orang Indonesia kalau makan senang ada kriuknya, makanya kami sediakan makanan yang ada kriuknya, seperti teri jengki goreng, kerupuk tanpa pengawet dan tanpa pemutih, dan lain-lain. Jumlah menunya sendiri ada 40 menu, dari mulai sambal, sumber protein, suplemen, dan karbohidrat," tambahnya.

Kalori

Keunikan lain tempat ini ialah adanya hitungan jumlah asupan kalori. Pengunjung bisa memilih tiga ukuran jenis makanan mereka.

Misalnya, jika memilih ukuran S (small), jumlah asupan kalorinya ialah 500 kalori yang didapat dari 1 pilihan sumber karbohidrat, 1 pilihan protein, dan 2 jenis suplemen. Jika Anda memilih M (medium), hitungan kalorinya ialah 650 kalori yang terdiri dari 2 pilihan karbohidrat, 1 pilihan protein, 2 pilihan suplemen, dan 1 pilihan topping. Kalau Anda memilih L (large), asupan kalori yang Anda dapat sebesar 900 kalori yang terdiri dari 2 pilihan karbohidrat, 2 pilihan protein, 2 suplemen, dan 1 topping.

Selain pilihan menu sesuai dengan panduan kalori tersebut, Anda juga dapat memilah dan memilih makanan yang ingin dimakan sesuai dengan selera.

"Setiap orang dietnya berbeda-beda, mungkin ada orang yang ingin hitung kalori dan ketika mereka ingin menghitung kami sudah bantu sederhanakan dengan 3 pilihan ukuran makanan yaitu small, medium, atau large dengan proyeksi jumlah kalori masing-masing," imbuh Chef Yuda.

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More