Perubahan Iklim Mengancam Situs

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga Pada: Sabtu, 30 Jun 2018, 08:55 WIB Humaniora
Perubahan Iklim Mengancam Situs

MI/Duta

RIBUAN situs arkeologi di Arktik terancam hilang oleh pemanasan global. Perubahan iklim telah mempercepat pencairan permafrost dan memperparah erosi pantai. Selama ribuan tahun, dinginnya  Arktik mampu mempertahankan artefak gading, rumah-rumah kayu apung, dan tubuh manusia dalam kondisi mendekati sempurna.

“Setelah hancur, sumber daya ini hilang selamanya. Hilangnya warisan manusia dan data ilmiah ini tidak dapat dibatalkan,” kata studi yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Antiquity.

Ada 180.000 situs di area seluas 12 juta kilometer persegi di Kanada, Rusia, Alaska, dan Greenland. Pada 1826, seorang anggota ekspedisi Arktik terkenal John Franklin melaporkan terdapat 17 rumah musim dingin dan sebuah struktur komunal di sana. Namun, hari ini sudah tidak ada. (Yan/AFP/X-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More