Perubahan Iklim Mengancam Situs

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga Pada: Sabtu, 30 Jun 2018, 08:55 WIB Humaniora
Perubahan Iklim Mengancam Situs

MI/Duta

RIBUAN situs arkeologi di Arktik terancam hilang oleh pemanasan global. Perubahan iklim telah mempercepat pencairan permafrost dan memperparah erosi pantai. Selama ribuan tahun, dinginnya  Arktik mampu mempertahankan artefak gading, rumah-rumah kayu apung, dan tubuh manusia dalam kondisi mendekati sempurna.

“Setelah hancur, sumber daya ini hilang selamanya. Hilangnya warisan manusia dan data ilmiah ini tidak dapat dibatalkan,” kata studi yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Antiquity.

Ada 180.000 situs di area seluas 12 juta kilometer persegi di Kanada, Rusia, Alaska, dan Greenland. Pada 1826, seorang anggota ekspedisi Arktik terkenal John Franklin melaporkan terdapat 17 rumah musim dingin dan sebuah struktur komunal di sana. Namun, hari ini sudah tidak ada. (Yan/AFP/X-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More