Tips Naik Kereta Api Agar Aman dan Nyaman

Penulis: MIcom Pada: Jumat, 29 Jun 2018, 13:44 WIB Weekend
Tips Naik Kereta Api Agar Aman dan Nyaman

ANTARA/M AGUNG RAJASA

KERETA Api  masih menjadi moda transportasi favorit warga saat mudik di Hari Raya Idul Fitri. Kenyamanan dan juga waktu tempuh yang lebih cepat membuat  warga  memilih transportasi massal ini untuk pulang ke kampung halaman.

Untuk meningkatkan  pelayanan, PT KAI telah meningkatkan prosedur keamanan berlapis bagi penumpang. Mulai dari beli tiket KAI, hingga penumpang tiba di pemberhentian terakhir.  

Apalagi  dengan banyaknya  berita tentang penumpang yang diturunkan dari pesawat karena tidak sengaja bercanda tentang membawa bom.  Aturan penumpang di pesawat inipun juga diterapkan di perjalanan dengan kereta api. Melanggar , berarti siap diturunkan di stasiun terdekat yang dilintasi kereta api dan selanjutnya diproses ke pihak kepolisian.

Untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan selama menggunakan moda transportasi Kereta Api, berikut beberapa etika yang sebaiknya kita ikuti sebelum naik kereta.

Jangan Bawa Hewan Kesayangan
Secinta dan sayangnya kamu terhadap anjing atau kucing peliharaanmu, sebaiknya biarkan saja dia di rumah ketika kamu ingin melakukan perjalanan dengan tiket KAI. Tidak semua orang nyaman berada segerbong dengan anjing atau kucing yang berbulu halus sekalipun. Bisa jadi penumpang lain akan terganggu dengan suara dan bau kotoran yang mungkin dikeluarkan selama perjalanan. Apalagi kalau hewan kesayanganmu tidak biasa, misalnya seperti laba-laba ataupun ular sanca. Meski kamu beli tiket KAI secara sah, kalau menimbulkan rasa tidak nyaman dari penumpang lainnya, kamu juga terancam diturunkan di stasiun selanjutnya.

Mulutmu Harimaumu
Masih ingat video viral seorang penumpang mengancam petugas polsuska di salah satu rangkaian gerbong? Bicara tentang bom adalah hal sensitif, apalagi jika disertai dengan ancaman. Biarpun kamu bicara atas nama canda dengan teman sebangku, ada baiknya direm dulu agar tidak membuat resah penumpang yang satu gerbong denganmu. Bahkan dari sekadar celetukan mulut yang iseng menyebut tentang bom pun bisa membuatmu diproses di kepolisian untuk waktu yang sangat lama. Mulutmu harimaumu, menentukan sampai mana perjalananmu dengan tiket KAI di tanganmu.

Tahan Dulu Asap Rokokmu
Merokok memang hak asasi manusia. Tapi saat bepergian dengan tiket KAI, haram hukumnya merokok di dalam rangkaian gerbong maupun di bordes dekat pintu keluar. Tahan dulu asapmu wahai ahli hisap barang tiga hingga empat jam sampai di stasiun selanjutnya. Saat berhenti menaikkan dan menurunkan penumpang di stasiun, kamu bisa turun sebentar dan menunaikan hasrat menghisap di ruang merokoknya. Hati-hati, merokok di kereta bisa menyebabkan diturunkan di stasiun selanjutnya, merokok pun bisa menyebabkanmu ketinggalan kereta. Jadi, kenapa tidak menahan dulu hisapanmu?

Gunakan Headset dan Minimalkan Keributan
Kecuali kamu berada di gerbong yang disewa untuk rombongan dengan tiket KAI, sebaiknya jaga tata krama untuk kenyamanan bersama. Mulai dari membiasakan memakai headset saat mendengar musik atau menonton film dari gadget, atau biasakan untuk mengatur volume mulut saat sedang berbincang dengan teman sebelah. Meminimalkan keributan tidak perlu dapat membantu teman segerbong melakukan perjalanan dengan penuh kenyamanan sampai tempat tujuan.

Gampang lho mengikuti aturan dan memahami etika penumpang yang naik kereta api itu. Segampang kamu bisa membeli tiket KAI lewat aplikasi agen perjalanan online, yang penting pahami juga tingkat kenyamanan yang ingin kamu dapat saat naik kereta api. Dengan demikian kamu juga bisa merasakan apa yang dirasakan penumpang lain jika kamu melanggarnya.(RO/OL-03)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More