Porsche Produksi Mobil Sport Listrik Tahun Depan

Penulis: RO/Cdx/S-4 Pada: Kamis, 28 Jun 2018, 08:45 WIB Otomotif
Porsche Produksi Mobil Sport Listrik Tahun Depan

DOK. PORSCHE

PRODUSEN mobil asal Jerman Porsche berencana memproduksi mobil listrik pertama mereka mulai tahun depan. Mobil listrik tersebut diberi nama resmi Studi Konsep Mission E. Modelnya menyandang julukan Taycan yang berarti kuda muda yang bersemangat.

Hewan itu merujuk pada lambang di jantung emblem Porsche yang menampilkan kuda melompat sejak 1952. "Mobil sport listrik baru kami kuat dan dapat diandalkan. Kendaraan ini secara konsisten dapat menempuh jarak yang jauh dan itu melambangkan kebebasan," jelas Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG.

Nama oriental itu juga menandakan peluncuran mobil sport elektrik pertama dengan jiwa Porsche. Porsche mengumumkan nama untuk seri listrik murni pertamanya sebagai bagian dari perayaan 70 years of sports car.

Jika tampilannya dilihat sepintas, mobil sport listrik itu memiliki desain berbeda apabila dibandingkan dengan model Porsche lain. Namun, saat diperhatikan secara mendetail, kita masih bisa melihat garis-garis khas Porsche pada bagian kap depan, pinggul yang seksi di bagian samping, dan bentuk kaca samping belakang.

Ciri khas gaya Porsche juga masih tampak di bagian kaca belakang yang landai dan bentuk bokong walaupun terdapat sentuhan aura masa depan yang kental. Selebihnya kita bisa melihat spesialisasi pabrik itu dalam menghasilkan performa.

Kendaraan itu dibekali dua permanently synchronous motors (PSM) dengan output lebih dari 600 hp. Untuk melesat dari 0 ke 100 km/jam, mobil itu cuma butuh kurang dari 3,5 detik dan melesat 200 km/jam kurang dari 12 detik. Baterai yang diusungnya mampu memberikan daya jelajah sejauh 500 km versi NEDC (New European Driving Cycle).

Porsche AG tidak main-main dalam program elektrifikasi pada produk-produk mereka. Perusahaan berencana melipatgandakan investasi menjadi 6 miliar euro dalam elektromobilitas pada 2022 setelah awalnya hanya 3 miliar euro.

Dari tambahan 3 miliar euro, sekitar 500 juta euro akan dialokasikan untuk pengembangan varian Taycan dan model lain dalam lininya, sekitar 1 miliar euro untuk elektrifikasi dan hibridisasi berbagai produk yang ada, beberapa ratus juta untuk perluasan lokasi produksi, ditambah sekitar 700 juta euro untuk teknologi baru, pengisian infrastruktur, dan mobilitas cerdas.

Di markas Porsche Zuffenhausen tengah dibangun paint shop baru, area perakitan khusus untuk Taycan, dan jembatan konveyor untuk mengangkut bodi yang dicat dan unit penggerak ke area perakitan akhir. Pabrik mesin yang ada sedang dikembangkan untuk memproduksi penggerak listrik. Begitu pun bengkel bodi.

Investasi juga direncanakan untuk Pusat Pengembangan Weissach. Produksi Taycan menciptakan sekitar 1.200 pekerjaan baru di Zuffenhausen.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More